Mengenal Ikan Golden Black Molly dan Cara Membudidayakannya

Ikan Hias Kecil memang sangat cocok untuk dijadikan hiasan Aquascape, salah satunya adalah Ikan Golden Black Molly. Ikan yang mempunyai ciri khas 2 warna, yaitu warna emas dan warna hitam. Dari warna ikan inilah pemberian nama ikan keluarga dari Molly ini berasal.

Ikan kecil ini memiliki bentuk tubuh yang mungil dan memiliki warna yang unik, hal ini membuat banyak aquascaper tertarik untuk membudidayakan ikan golden black molly ini. Banyak yang telah mencoba melakukan budidaya ikan golden black dan terbukti untuk memelihara ikan golden black molly sangatlah mudah, serta sangat mudah untuk berkembang biak dan pastinya menguntungkan jika dijadikan bisnis.

Gambar Ikan Golden Black Molly
Ikan Golden Black Molly

Ikan Golden Black Molly


Ikan Hias ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar dan Anda bisa memeliharanya di dalam akuarium hias dengan beberapa perlengkapan tambahan, seperti filter dan juga aerasi, hal ini bertujuan agar kondisi air tetap terjaga kebersihannya. Untuk suhu air yang digunakan untuk ikan golden black diusahakan berkisar antara 25 hingga 28 derajat celsius, supaya ikan GB bisa hidup di air tersebut dan tidak mudah mati.

Untuk Anda pecinta ikan hias dan ingin mencoba budidaya ikan golden black molly, silahkan ikuti beberapa tips berikut ini.

Perbedaan Ikan Golden Black Molly Jantan dan Betina


Ikan Golden Black Jantan


- Memiliki kepala yang lebih besar dari betina.
- Tubuhnya lebih kecil
- Warna tubuh lebih cerah dan mencolok
- Sirip pada punggungnya lebih panjang daripada molly betina.

Ikan Golden Black Betina


- Memiliki bentuk tubuh lebih gemuk daripada ikan molly jantan
- Warna Ikan lebih kalem dan agak gelap
- Ukuran Sirip pada punggungnya pendek

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Molly Secara Mudah

Budidaya Ikan Golden Black Molly


1. Memilih Indukan Ikan


Pertama untuk bisa membudidayakan ikan hias molly yang bagus dan sedang tidak sakit. Ikan Golden Black yang siap untuk untuk di kawinkan minimal berumur 4 bulanan. Kemudian pilihlah warna yang cerah, serta agresif dan sangat aktif berenang karena dapat dipastikan kondisi ikan tersebut sehat wal afiat.

Setelah menentukan indukan ikan golden black untuk dikawinkan, sekarang sediakan indukan ikan dengan perbandingan 1 : 3 hingga 1 : 5.

2. Siapkan tempat Pemeliharaan


Selanjutnya sediakan tempat untuk dijadikan wadah pemeliharaan ikan golden black molly, bisa di akuarium, ember, maupun kolam plastik. Selain itu siapkan juga wadah untuk pemijahan burayak ikan golden black nantinya setelah proses perkawinan selesai. Dan wadah untuk perkawinan ikan yang akan dijodohkan, sebenarnya tidak perlu terlalu besar, hal ini supaya ikan hias ini mudah bertemu pasangannya.

Sebagai tambahan dan tidak wajib anda bisa menambahkan batu atau tanaman air, sebagai tempat persembunyian ikan.

3. Pengisian Wadah


Untuk mengisi kolam untuk memelihara ikan golden black, hindarilah penggunaan air PAM, karena biasanya air tersebut mengandung kaporit yang berbahaya untuk kesehatan ikan.

Kami sangat menyarankan Anda menggunakan air sumur maupun air sungai untuk di masukan ke dalam akuarium. Sebelum dimasukkan ke dalam akuarium, diamkan air tersebut selama 24 jam hal ini untuk menetralisir partikel pada air dan menyeimbangkan suhu air.

4. Memijahkan Indukan Golden Black Molly


Setelah tadi memilih indukan untuk dijodohkan, sekarang kita masukan ikan tersebut ke dalam kolam pemijahan, dalam memijahkan ikan golden black Anda bisa memasukan ikan jantan dan betina secara massal untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Ikan jantan yang memiliki ketertarikan ke salah satu ikan betina, hanya memerlukan waktu beberapa menit. Ikan golden black betina akan dibuahi oleh ikan jantan. Proses pemijahan berlangsung selama 3 - 5 hari saja.

Ikan molly golden black mempunyai masa kehamilan selama 3 sampai 4 minggu atau sebulan. Ikan molly melahirkan 5 hingga 30 ekor burayak. Setelah burayak dilahirkan, segera pisahkan dengan indukanya, karena bisa saja burayak yang baru dilahirkan dimakan induknya ataupun ikan lain. Segera masukan burayak ke wadah pendederan.

5.  Perawatan Burayak Golden Black


Setelah burayak dilahirkan, mereka tidak membutuhkan pakan apapun, karena masih memiliki cadangan makanan pada tubuhnya yang berasal dari induknya selama dalam kandungan. Burayak baru bisa diberi pakan pada hari ke 3 atau 4 setelah kelahirannya.

Makanan untuk burayak yang bagus, diantaranya adalah kuning telur rebus, kutu air, ataupun jentik nyamuk. Pemberian pakan ini bisa dihentikan setelah ukuran ikan sudah agak besar, berkisar antara 2 - 3 cm. Anda bisa mengganti pakan anak golden black molly dengan cacing sutera untuk makanan anak ikan molly.

Baca Juga : Daftar Merk Makanan Ikan Hias Supaya Cepat Besar

Harga Ikan Golden Black Molly


Di pasar ikan hias biasanya harga ikan golden black molly ini hanya berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 5.000 saja per ekornya untuk ikan yang berumur 3 bulanan.

Demikian Pengenalan Ikan Golden Black Molly dan Cara Mudah Membudidayakannya untuk Para Pemula, semoga Anda berhasil mencoba membudidayakan ikan hias ini di rumah dan menjadikannya ikan hias aquascape.

Labels: Ikan Molly

Terimakasi telah membaca Mengenal Ikan Golden Black Molly dan Cara Membudidayakannya. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Ikan Golden Black Molly dan Cara Membudidayakannya"