Cara Memelihara dan Membudidayakan Ikan Mas Koki Mutiara. Dijamin Berhasil!

Diantara dua puluhan lebih jenis ikan mas koki, Jenis Mutiara adalah yang paling banyak dicari. Hal ini dikarenakan bentuk fisiknya yang sangat unik. Tubuhnya berbentuk bulat seperti bola. Sedangkan sisiknya timbul seperti mutiara. Nah, alasan itu pula lah yang membuat ikan ini disebut sebagai Ikan Mas Koki Mutiara.

Gambar Ikan Mas Koki Mutiara
Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan Mas Koki Mutiara


Ciri utama ikan ini adalah memiliki perut besar dan bulat. Sedangkan ukuran mulut serta kepalanya jauh lebih kecil. Sirip ekornya pendek tapi lebar. Sangat kontras dengan ukuran tubuhnya. Akan tetapi, hal ini justru menambah keunikan bentuknya.

Untuk warnanya sendiri sangat beragam. Beberapa diantaranya cukup terkenal di kalangan pecinta ikan hias. Seperti, kombinasi warna merah dan putih, merah keemasan, putih polos, belang atau marbel, rasket, dan hitam polos. Pada warna hitam, ikan ini lebih cenderung kehijauan. Warna inilah yang paling langka.

Jenis Ikan Mas Koki Mutiara


Jenis Ikan Koki Mutiara berdasarkan bentuk kepalanya dibagi menjadi 2, yaitu :

Ikan Mas Koki Mutiara Tikus

Ciri khas dari jenis ikan ini adalah kepalanya yang tidak memiliki benjolan atau jambul. Selain itu ukurannya juga lebih kecil ketimbang jenis lainnya. Sirip ekornya juga cenderung lebih kecil hingga membuatnya tampak menggemaskan.

Ikan Mas Koki Mutiara Jambul

Letak perbedaan ikan ini dengan jenis lainnya ada pada jambul di kepalanya. Hal tersebut menambah nilai estetika pada Si Jambul ini. Selain itu, dibanding jenis Ikan Mas Koki Mutiara tikus, ikan ini memiliki corak warna dan sisik yang lebih cerah.

Baca Juga : Jenis Ikan Mas Koki Paling Lengkap

Cara Merawat Ikan Mas Koki Mutiara


Sebenarnya tidak ada perlakuan khusus untuk merawat ikan jenis Mutiara. Dapat dikatakan jika cara merawatnya cenderung mudah. Hal ini juga menjadi salah satu alasan bagi pecinta ikan hias untuk memeliharanya. Beberapa orang juga memutuskan untuk membudidayakan Ikan Mas Koki Mutiara untuk dikomersilkan.

Untuk merawat Ikan Mas Koki Mutiara di dalam akuarium, silahkan simak tips berikut ini:

Sediakan Air Pump
Untuk merawat Ikan Mas Koki Mutiara, dibutuhkan gelembung udara dalam aquarium. Hal ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi ikan. Oleh sebab itu, sediakanlah alat penghasil gelembung udara atau disebut juga air pump. Tidak hanya dapat menjaga kestabilan oksigen saja, air pump juga bisa menjaga kejernihan air dalam aquarium.

Bersihkan Hiasan Akuarium
Sebelum memberikan berbagai ornament ke dalam aquarium, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu. pasir, batu-batuan, serta tanaman memang dapat menambah kecantikan tampilan aquarium. Akan tetapi, jika tidak dibersihkan dahulu, bisa mengotori aquarium. Sehingga, menimbulkan berbagai penyakit ikan mas koki.

Berikan Makanan Dengan Takaran yang Tepat
Memberikan makanan Ikan Mas Koki Mutiara secara tepat juga perlu diperhatikan. Buatlah jadwal untuk memberikan makanan supaya ikan bisa tumbuh dengan cepat. Umumnya, pemberian makanan adalah dua kali sehari, pagi dan sore.

Berikan pakan secukupnya, hindari sisa pakan dalam aquarium. Sebab, bisa membuat air menjadi keruh. Memang cukup sulit. Untuk menyiasatinya, periksalah kondisi aquarium beberapa saat setelah pemberian pakan. Jika ada makanan sisa, segeralah ambil agar air dalam aquarium tetap bersih.

Bersihkan Akuarium Secara Berkala
Kebersihan air dalam aquarium sangat penting untuk mendukung keberlangsungan hidup ikan. Untuk itu, bersihkan secara berkala. Setidaknya, dua minggu sekali. Untuk mengganti air aquarium, caranya adalah dengan memindahkan ikan terlebih dahulu menggunakan jaring. Pindahkan ke bak yang sudah diisi dengan air.

Setelah itu, gunakan spon dan perlengkapan lain untuk menggosok bagian dalam aquarium. Kemudian, basuh dengan air bersih. Jika sudah, isi kembali dengan air bersih. Penting untuk diperhatikan bahwa air yang digunakan sebaiknya sudah diendapkan 2 hari. Nyalakan air pump segera setelah ikan koki Mutiara dimasukkan kembali dalam aquarium.

Baca Juga : Pakan Ikan Hias Mas Koki yang Bagus

Cara Budidaya Ikan Mas Koki Mutiara


Jika Anda memiliki niatan untuk membudidayakan Ikan Mas Koki Mutiara, silahkan simak caranya berikut ini:

Pilihlah Induk Ikan Mas Koki
Untuk memilih indukan Ikan Mas Koki Mutiara, paling cocok adalah ikan dengan umur sekitar 8 bulan. Ukuran minimalnya adalah sebesar telur itik. Bentuk yang paling proporsional adalah dengan kepala yang kecil dan tubuh bulat. Sedangkan sisiknya utuh dan tersusun dengan rapi.

Pastikan ikan yang dipilih memiliki ekor dan sirip yang terlihat tegak. Nah, supaya keturunan ikan berwarna cantik, maka calon indukan yang dipijahkan haruslah berwarna polos. Pasangan yang paling baik adalah jantan berwarna putih dan betina berwarna hitam. Berlaku juga untuk sebaliknya.

1. Cara membedakan ikan jantan dan betina adalah sebagai berikut:

Ciri Ciri Ikan Jantan Betina
Sirip dada Terdapat bintik - bintik bulat dan menonjol Terdapat bintik - bintik
Bentuk perut Kaku Lembek
Lubng genital Jika diurut keluar cairan putih Berwarna kemerah - merahan
Permukaan tubuh Kasar Halus

2. Memijahkan Ikan Mas Koki Mutiara

Untuk memijahkan ikan, berikut langkah yang perlu Anda lakukan:

- Siapkan bak bersih. Kemudian isi dengan air yang diendapkan sehari. Letakkan eceng gondok untuk melekatkan telur ikan.
- Pilih induk yang memiliki telur matang. Masukkan dalam bak di sore hari. keesokan harinya, telur sudah menempel di akar eceng gondok.
- Telur ikan tidak perlu dierami. Sehingga, Anda bisa langsung memindahkannya ke kolam penampungan induk. Jika Anda melakukan perawatan yang baik, setelah 4 minggu, induk sudah bisa dipijahkan kembali.

3. Tahap Pemeliharaa

- Setelah proses pemijahan selesai, kira-kira sekitar 3 hari, maka telur akan menetas. Benih yang umurnya masih 3 hari belum perlu diberi makan.
- Setelah 3 hari, benih bisa diberi makan kutu air.
- Setelah umurnya sekitar 15 hari, pemberian makanan diganti dengan cacing rambut.
- Jika telur ditetaskan dalam akuarium, maka setelah seminggu, benih dipindahkan dalambak yang lebih luas dengan ketinggian air 10-15 cm. Ganti air setiap seminggu sekali. Ingat, selalu gunakan air yang telah diendapkan untuk mengganti air yang lama.
- Hindari sinar matahari dengan menambahkan tanaman eceng gondok.

Baca Juga : Penyakit Ikan Mas Koki

4. Tahap Pembesaran

Jika benih sudah berusia sebulan lebih, pindahkan ikan ke kolam pembesaran hingga menjadi indukan. Pada tahap ini, kurangi eceng gondok pada kolam. Sebab, ikan akan membutuhkan lebih banyak sinar matahari.

Pembesaran Ikan Mas Koki Mutiara harus dilakukan secara bertahap. Pertama, di kolam berukuran 1,5 x 2 meter dengan jumlah ikan sekitar 1.000. Setelah itu, lakukan penjarangan setiap 2 minggu sekali dengan membaginya jadi dua. Ganti air setiap 5 hari sekali.

Harga Ikan Mas Koki Mutiara


Berikut daftar harga Ikan Mas Koki Mutiara secara lengkap berbagai ukuran :

Ukuran Ikan Mas Koki Harga
Ikan Mas Koki Mutiara Tikus 5 Cm  Rp 10.000
Ikan Mas Koki Mutiara Tikus 10 Cm  Rp 15.000
Ikan Mas Koki Mutiara Tikus 15 Cm  Rp 20.000
Ikan Mas Koki Mutiara Tikus 20 Cm  Rp 30.000
Ikan Mas Koki Mutiara Tikus 25 Cm  Rp 45.000
Ikan Mas Koki Mutiara Tikus 30 Cm  Rp 60.000
Ikan Mas Koki Mutiara Jambul 5 Cm  Rp 10.000
Ikan Mas Koki Mutiara Jambul 10 Cm  Rp 15.000
Ikan Mas Koki Mutiara Jambul 15 Cm  Rp 20.000
Ikan Mas Koki Mutiara Jambul 20 Cm  Rp 30.000
Ikan Mas Koki Mutiara Jambul 25 Cm  Rp 40.000
Ikan Mas Koki Mutiara Jambul 30 Cm  Rp 50.000

Baca Juga : Harga Ikan Mas Koki Dewasa

Demikian ulasan mengenai Ikan Mas Koki Mutiara lengkap dengan cara perawatan dan pembudidayaannya. Jika Anda berhasil membuat budidaya ikan mas koki, tentu akan sangat menguntungkan dan menambah pendapatan. Demikian, semoga bermanfaat.

Labels: Ikan mas koki

Terimakasi telah membaca Cara Memelihara dan Membudidayakan Ikan Mas Koki Mutiara. Dijamin Berhasil!. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memelihara dan Membudidayakan Ikan Mas Koki Mutiara. Dijamin Berhasil!"