Mengenal Ikan Mas Koki Oranda dan Cara Memilih Ikan Yang Baik

Pecinta ikan hias mana yang tidak tahu ikan mas koki Oranda. Ikan ini paling terkenal di seluruh dunia ketimbang jenis lainnya. Banyak sebutan lain untuk ikan yang memiliki jambul di kepalanya ini. Di China, orang-orang sering menyebutnya dengan Bunga air atau Mao Tze. Sedangkan di Jepang, ikan ini disebut sebagai Shishigasira karena strain-nya yang rimbun.

Di Tanah Air sendiri, Oranda lebih dikenal dengan sebutan Ikan Koki Penser. Jambul yang ada pada kepala Oranda bisa menutupi mata dan mukanya. Jambul tersebut berupa tonjolan daging yang berisi cairan. Daging tersebut disebut sebagai wen. Biasanya, wen akan muncul pada usia ikan 3-4 bulan. Bentuknya akan semakin sempurna saat berusia 2-2,5 tahun.

Gambar Ikan Mas Koki Oranda
Ikan Mas Koki Oranda

Ciri Ciri Ikan Mas Koki Oranda


Bentuk fisik ikan mas Oranda sangat menarik. Tubuhnya berbentuk bulat dan besar. Sisiknya berkilauan dan memiliki ekor berjumlah sepasang dengan ukuran yang bisa mencapai empat kali panjang tubuhnya. Semua sirip di tubuhnya berjumlah sepasang kecuali sirip yang terdapat pada punggungnya.

Keindahan khas dari ikan ini ada pada ekor yang mengembang ketika berhenti berenang. Tak heran jika orang China menyebutnya dengan bunga air. Jenis lain yang memiliki banyak penggemar di dunia per-ikan-an adalah ikan mas koki mutiara.

Pada usia dewasa, ikan ini mencapai panjang 30 cm. Ikan mas koki Oranda memiliki warna yang beragam. Mulai dari hitam, merah, coklat, merah kombinasi putih, dan baru-baru ini sedang dikembangkan warna biru. Ikan dengan corak yang paling populer adalah red cap oranda yaitu warna putih metalik di seluruh tubuh. Sedangkan jambulnya berwarna merah cerry dan mirip seperti mengenakan topi.

Baca Juga : Harga Ikan Mas Koki di Pasaran

Tips Memilih Ikan Mas Koki yang Baik


Ketika Anda memutuskan untuk membeli ikan mas koki Oranda di toko ikan, sebaiknya perhatikan beberapa hal sebelum menentukan pilihan. Jangan sampai Anda salah langkah dan akhirnya kecewa karena ikan yang dibeli memiliki penyakit ikan mas koki. Ciri-ciri ikan mas koki yang baik dan sehat diantaranya:

1. Ikan Mas Koki Oranda Berenang Dengan Aktif


Ikan yang sehat dapat dilihat dari caranya ketika berenang. Jika ikan berenang dengan lemah dan posisi tubuh mendongak ke atas maupun berenang nungging, kemungkinan besar ikan tersebut mengalami gangguan pencernaan. Sebaiknya pilihlah ikan yang berenang dengan aktif dan agresif.

2. Bentuk Badan Ikan Mas Koki Oranda Ideal


Bentuk ideal dari tubuh ikan mas Oranda sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya. Selain itu, ukurannya juga harus diperhatikan. Ikan mas koki cenderung pendek dengan perut bulat yang tidak terlalu besar. Tidak disarankan untuk memilih ikan mas koki Oranda dengan benjolan pada tulang punggungnya. Sebaiknya, pilih benjolan kepala yang merata.

3. Sirip yang Proporsional


Sirip juga menentukan kualitas ikan mas koki yang akan Anda pilih. Pasalnya, sirip akan memberikan kesan keindahan tersendiri pada bentuk ikan. Disarankan untuk memilih ikan mas koki Oranda yang memiliki sirip yang seimbang antara kiri dan kanannya. Sedangkan sirip punggungnya diusahakan terlihat tegak dan tidak bengkok.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Mas Koki di Akuarium untuk Pemula

4. Warna Ikan Mas Koki yang Cerah Dan Tegas


Ikan mas koki Oranda yang bagus memiliki warna cerah dan tegas. Sebaiknya jangan pilih yang warnanya kusam. Misalnya, jika Anda memilih warna merah, usahakan tidak ada kombinasi dengan warna lain yang membuatnya terlihat kusam. Akan tetapi, masalah ini bisa diatasi dengan memberikan makanan ikan mas koki yang bisa merangsang warna seperti spirulina,

5. Mata yang Menonjol


Mata ikan mas koki Oranda juga bisa mengindikasikan kesehatan dan kualitasnya. Bentuk mata ikan yang bagus terlihat lebih menonjol dan bening. Jika terkena cahaya, maka matanya akan bersinar. Nah, ikan mas koki yang memiliki ciri tersebut biasanya lebih sehat.

6. Permukaan Tubuh Lebih Halus


Jangan sampai Anda memilih ikan yang memiliki bercak kemerahan, merah hati, atau cokelat. Penting juga untuk memperhatikan adanya benjolan pada permukaan tubuh ikan. Hal tersebut bisa saja menandakan bahwa pada tubuhnya terdapat penyakit. Jika nekat membelinya, bisa-bisa ikan akan segera mati. Bahkan, bisa menularkan penyakitnya pada ikan lain di aquarium yang sama.

7. Periksa Kutu di Tubuh Ikan


Sebelum membeli, pastikan dulu tidak terdapat kutu pada tubuh ikan. Jika terdapat kutu, sebaiknya Anda ambil dahulu.

8. Bedakan Antara Ikan Mas Koki Oranda Dengan Lionhead


Antara ikan mas koki Oranda dan Lionhead cukup mirip. Anda harus jeli untuk membedakannya. Perbedaan utamanya hanya pada sirip di punggung ikan. Jika Oranda memiliki sirip di bagian punggung, lain halnya dengan Lionhead yang tanpa sirip punggung.

Sangat penting bagi Anda untuk memilih ikan dengan lebih teliti. Periksa setiap bagian tubuh dari ikan agar Anda tidak kecewa setelah membelinya. Sebab, harga ikan mas Oranda tergolong cukup tinggi. Jangan sampai uang yang Anda keluarkan sia-sia.

Nah, jika sudah membelinya, pastikan Anda merawat ikan mas koki dengan baik. Hal ini bertujuan agar usia hidup ikan menjadi lebih panjang. Beberapa tips berikut mungkin akan membantu:

Tips Memilih Ikan Mas Koki yang Baik


1. Adaptasikan terlebih dahulu ikan mas koki dengan lingkungan akuarium. Caranya dengan memasukkan ikan mas koki beserta kantong plastik dalam akuarium. Biarkanlah mengapung dalam waktu kurang lebih satu jam.

2. Jangan pelihara ikan mas koki pada wadah yang kecil. Sebaiknya masukkan saja dalam akuarium yang luas.

3. Pasanglah aerator di akuarium, hal ini bertujuan agar ikan mas koki mendapatkan suplay oksigen yang cukup.

4. Tambahkan filter pada akuarium untuk menambah kualitas air. Sebab, air yang kotor bisa memicu berbagai penyakit ikan mas koki. Hal yang paling buruk adalah ikan Anda bisa mati.

5. Berikanlah makanan dengan takaran yang pas. Terlalu banyak memberi pakan tidaklah bagus. Pasalnya, air menjadi lebih keruh dan beracun. Berikan takaran yang benar-benar pas. Supaya ikan menjadi lebih sehat dan cepat gemuk.

6. Pilih makanan yang paling baik. Anda bisa memilih antara pakan alami atau pabrikan. Pakan alami yang terbaik adalah cacing sutra, kutu air, dan cacing darah. Sedangkan pakan pabrikan yang paling baik adalah pelet.

Baca Juga : Cara Mudah Bedakan Ikan Mas Koki Jantan dengan Betina

Harga Pasaran Ikan Mas Koki Oranda


Diantara sekian jenis ikan mas koki yang ada di dunia, Oranda memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Range harga ikan mas koki di pasaran mulai dari Rp 5.000,- hingga ratusan ribu rupiah. Harga ikan mas koki termahal dipegang oleh jenis ikan mas koki mutiara. Sedangkan yang paling murah dari jenis ikan mas koki komet.

Sedangkan untuk ikan mas koki Oranda dijual dengan kisaran harga 2,5 USD atau jika dirupiahkan sekitar 40-an ribu rupiah. Namun, Anda bisa mematok harga lebih tinggi untuk menjualnya. Dengan syarat meningkatkan kualitas warnanya. Salah satu cara yang bisa dipakai adalah dengan memberi makanan ikan mas koki yang dapat merangsang warna.

Itulah serba-serbi tentang ikan mas koki Oranda yang perlu Anda ketahui. Sebagai pecinta ikan hias, Anda perlu memiliki pengetahuan ini agar paham tentang ikan Oranda lebih mendalam. Semoga informasi ini bermanfaat.

Labels: Ikan mas koki

Terimakasi telah membaca Mengenal Ikan Mas Koki Oranda dan Cara Memilih Ikan Yang Baik. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Ikan Mas Koki Oranda dan Cara Memilih Ikan Yang Baik"