Cara Membedakan Ikan Neon Tetra Jantan dan Betina dengan Mudah

Ikan Neon Tetra merupakan ikan hias aquascape yang sangat populer, hampir semua aquascaper menyukai ikan ini dan memasukannya di dalam aquascape. Hal ini karena sifat ikan tetra ini yang tenang, tidak agresif dan pastinya tidak akan merusak tanaman di dalam akuarium.

Kepopuleran ikan neon tetra dikarenakan warna ikan hias jenis ini memiliki warna yang mencolok dan bisa menyala seperti lampu neon pada keadaan lampu redup atau agak gelap. Perpaduan warna merah kecoklatan dengan biru kinclong, sangat cantik jika dilihat di dalam akuarium. Apalagi jika ikan ini disatukan di dalam akuarium secara berkelompok, karena ikan ini merupakan ikan berkelompok.

Gambar Ikan Neon Tetra
Ikan Neon Tetra

Selain itu untuk mendapatkan ikan neon tetra, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak, karena harga ikan neon tetra cukup murah, sehingga dapat dengan mudah dibeli oleh semua kalangan pecinta ikan hias. Harga ikan neon tetra kecil biasanya dihargai sekitar Rp 1.000 - Rp 3.000 untuk satu ekornya.

Di pasaran, ikan hias neon tetra sangat dicari dan seringkali mengalami kehabisan stok, karena peminatnya yang sangat banyak, saat ini banyak orang yang tertarik untuk membudidaya ikan neon tetra, hal ini arena peluang bisnis ikan neon tetra masih sangat besar dan tentunya yang paling utama untuk memenuhi kebutuhan pasar ikan hias akan neon tetra ini.

Baca Juga : Makanan Ikan Neon Tetra

Namun sebelum membahas cara budidaya ikan neon tetra, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu, perbedaan fisik antara ikan neon tetra jantan dan betina, karena ukurannya yang relatif kecil, cukup sulit untuk membedakan jenis kelaminnya. Berikut beberapa cara mudah untuk membedakan jenis kelamin ikan neon tetra :

Cara Membedakan Ikan Neon Tetra Jantan dengan Betina


Ciri Ciri Ikan Neon Tetra Jantan


- Memiliki tubuh yang lebih ramping
- Pergerakan ikan lebih agresif
- Pada saat musim breeding ikan cenderung akan mengejar ikan betina
- Warna tubuhnya lebih terang dan sangat kontras
- Bentuk tubuh lebih panjang

Ciri Ciri Ikan Neon Tetra Betina


- Tubuhnya lebih gemuk, karena menyimpan telur
- Pada musim musim breeding ikan akan dikejar kejar pejantan
- Warna tubuhnya tidak terlalu terang dan cenderung gelap
- Pergerakan ikan agak lamban, tidak seagresif ikan neon jantan
- Bentuk tubuh lebih pendek

Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar ikan neon tetra di bawah ini :

Gambar Ikan Neon Tetra Jantan dan Betina
Ikan Neon Tetra Jantan dan Betina

Baca Juga : Cara Memelihara Ikan Neon Tetra

Setelah mengetahui perbedaan fisik dari ikan neon tetra, yang paling mudah untuk dipahami adalah dari bentuk tubuh ikan. Karena pada umur ikan neon tetra betina yang sudah dewasa atau mengalami kematangan seksual, ikan betina akan menghasilkan telur, sehingga pada bagian perutnya akan membesar. Kemudian dari warna ikan juga bisa dibilang cukup mudah untuk dipahami, dari warnanya ikan neon tetra jauh lebih terang dibandingkan dengan neon tetra betina.

Sejauh ini, semoga Anda bisa memahami perbedaan ikan neon tetra jantan dengan ikan neon tetra betina, meskipun cukup sulit karena ukurannya kecil. Semoga dapat bermanfaat...

Labels: Ikan Neon Tetra

Terimakasi telah membaca Cara Membedakan Ikan Neon Tetra Jantan dan Betina dengan Mudah. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Membedakan Ikan Neon Tetra Jantan dan Betina dengan Mudah"