Mengenal Ikan Platy Mickey Mouse dan Bagaimana Cara Merawatnya

Ada banyak ikan hias berukuran kecil yang sangat seru untuk kita bahas, salah satunya adalah Ikan Platy Mickey Mouse, salah satu ikan nan mungil yang banyak disukai oleh para pecinta aquascape di Indonesia.

Ikan Platy Mickey Mouse


Gambar Ikan Platy Mickey Mouse
Ikan Platy Mickey Mouse

Ikan Hias yang satu ini namanya tergolong cukup unik, yaitu Ikan Platy Mickey Mouse. Pasti sobat akan berfikir namanya kok mirip dengan tokoh kartun animasi yang ada di tv ya. Iya benar sekali, pemberian nama ikan ini sendiri, karena pada bagian ekornya terdapat tiga bulatan, yang terdiri dari 1 bulatan besar dan 2 bulatan kecil, nah dari sinilah pemberian nama ikan mickey mouse berasal, karena pada bagian ekornya terdapat gambar menyerupai kepala tokoh kartun tersebut.

Ikan ini memiliki banyak sekali varian warna, seperti yang paling banyak warna kuning mas pucat, kebiru biruan, merah orange dan banyak warna lainnya. Jenis ikan ini termasuk ikan tenang dan tidak merusak gaes, jadi jika ingin menambahkannya untuk hiasan aquascape sangat cocok deh. Penasaran kan bagaimana cara merawat ikan hias ini, yuk langsung saja simak di bawah ini ya.

Ikan cantik ini berasal dari perairan Amerika Tengah dan Utara atau lebih tepatnya di Ciudad Veracruz, di sekitar daerah Amerika Tengah bagian Meksiko ke Utara Belize.

Baca Juga : Cara Membedakan Ikan Platy, Molly dan Guppy

Cara Merawat Ikan Platy Mickey Mouse


Untuk memelihara ikan jenis ini, cukup sediakan akuarium ukuran kecil maupun sedang dan bisa juga dimasukkan kedalam aquascape. Anda juga bisa menggabungkan jenis ikan lain yang sifatnya tenang, misalnya ikan guppy, ikan molly, ikan neon tetra, ikan corydoras dan jenis ikan kecil dan tenang lainnya.

Sebelumnya jangan lupa untuk memberikan tanaman hias aquascape, namun desain yang dibuat usahakan jangan terlalu terang, buatlah desain aquascape yang agak gelap, supaya kecantikan warna ikan platy mickey mouse ini akan terlihat lebih indah dan menawan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menyiapkan filter akuarium hal ini untuk memberi kenyamanan dan menjaga kebersihan dari akuarium yang akan digunakan untuk memelihara ikan platy nantinya.

Kemudian untuk suhu akuarium untuk memelihara ikan platy ini idealnya berkisar antara 18 sampai 25 derajat celcius, dan untuk pH airnya dapat Anda sajikan berkisar antara 7,0 - 8,2 saja.

Selain membuat akuarium senyaman mungkin untuk hidup ikan platy mickey mouse ini, pemilihan pakan untuk ikan hias ini juga harus di perhatikan dengan baik, agar ikannya sehat dan bisa berkembang biak.


Makanan Ikan Hias Platy Mickey Mouse


Kecantikan ikan hias, tidak hanya tergantung pada tempatnya hidup saja, namun pemberian pakan yang berkualitas tentu akan sangat membantu kecantikan warna ikan ini semakin menarik. Untuk itu usahakan memilih pakan ikan yang cocok dan tidak membuat ikan platy ini stres karena makanan yang tidak cocok.

Sebenarnya ikan ini pada saat di alam liar, termasuk ke dalam ikan omnivora, pada umumnya kutu air, jentik nyamuk, cacing sutra, serta pakan alami lainnya.

Namun jika anda tidak ingin repot anda bisa membeli pakan atau pelet, anda bisa membelinya di tempat anda membeli ikan Platy Mickey Mouse ini, biasanya di tempat yang menjual ikan hias pasti sudah menyediakan makanan ikan nya juga.

Demikian artikel tentang ikan Platy Mickey Mouse dan Bagaimana Cara Merawatnya supaya ikan tetap hidup sehat dan mampu berkembang biak, semoga dapat bermanfaat bagi sobat pecinta ikan hias di rumah.

Labels: Ikan platy

Terimakasi telah membaca Mengenal Ikan Platy Mickey Mouse dan Bagaimana Cara Merawatnya. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Ikan Platy Mickey Mouse dan Bagaimana Cara Merawatnya"