Jenis Ikan Mas Koki Lengkap Paling Cantik

Salah satu jenis ikan hias yang paling populer di Indonesia adalah ikan koki. Bukan hanya karena bentuknya saja yang unik. Akan tetapi, perawatannya pun tergolong mudah. Ikan yang memiliki nama latin Carrasius auratus biasa hidup di perairan dangkal dan berudara sejuk. Inilah yang membuat ikan koki mudah untuk dipelihara di akuarium.

Jenis ikan mas koki ada banyak sekali. Setiap jenis memiliki keunikan tersendiri. Harga ikan mas koki juga cukup variatif, tergantung dari jenisnya. Kisaran harganya mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Semakin unik bentuknya, maka harganya bisa sangat fantastis.

Ikan Mas Koki

Sejarah Ikan Mas Koki


Menurut sejarahnya, ikan mas koki adalah salah satu jenis ikan hasil domestifikasi tertua yang ada di dunia. awalnya, ikan ini dipelihara pada rumah-rumah di zaman Dinasti Sung China sekitar tahun 960 Masehi. Ikan mas koki mulai dikomersilkan pada masa Dinasti Sung tahun 1368-1644 Masehi.
Mulai merambah Jepang sekitar tahun 1500 Masehi dan dikenal di Eropa dua abad setelahnya.

Perkembangan varietas baru semakin pesat di Negara Matahari Terbit. Hasil perkawinan silang menghasilkan varietas baru dengan bentuk bulat, pendek, bersirip panjang, dan benjol-benjol. Hingga kini, sudah ada banyak sekali varietas mas koki yang menyebar di seluruh dunia.

Nah, jika Anda merupakan penggemar ikan koki. Yuk, cari tahu apa saja jenis-jenisnya.

Jenis Ikan Mas Koki 


Gambar Ikan Mas Koki Oranda
Ikan Mas Koki Oranda

1. Ikan Mas Koki Oranda


Jenis ikan mas koki yang satu ini sangat terkenal dan memiliki banyak peminat di seluruh penjuru dunia. Sebab, bentuknya mirip dengan jenis lionhead yang memiliki kepala mirip singa. Perbedaan utama diantara keduanya adalah sirip pada punggung ikan. Jika pada ikan oranda terdapat sirip, maka tidak terdapat pada ikan lion head.

Baca Juga : Penyakit Ikan Mas Koki dan Obatnya

Gambar Ikan Mas Koki Ranchu
Ikan Mas Koki Ranchu

2. Ikan Mas Koki Ranchu


Ikan Mas Koki Ranchu sangat unik. Pasalnya, pada bagian tubuhnya tidak terdapat sirip layaknya jenis ikan lain. Variasinya warnanya sangat beragam. Salah satu yang paling diburu oleh penggemar ikan adalah ranchu berwarna kuning pucat dengan variasi warna merah di bagian kepala.

Gambar Ikan Mas Koki Lionhead
Ikan Mas Koki Lionhead

3. Ikan Mas Koki Lionhead


Ikan Mas Koki Lionhead sangat terkenal di Jepang. Di bagian kepala terdapat benjolan yang mirip dengan rambut singa. Ikan jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara lionhead dan ranchus yang berasal dari Thailand. Bentuk fisik Lionhead bertubuh besar dan lebar. Tubuhnya melengkung ke belakang dengan kepala yang besar.

Ukuran ikan dewasa mencapai panjang hingga 10 sampai 16 cm. varian warnanya sangat beragam. Namun, yang paling banyak dicari adalah kuning pucat dan putih di bagian bawah. Sedangkan kepalanya berwarna merah.

Gambar Ikan Mas Koki Ryukin
Ikan Mas Koki Ryukin

4. Ikan Mas Koki Ryukin


Sirip yang berukuran sangat besar menjadi ciri khas dari ikan mas koki ryukin. Bahkan, bisa dibilang ukuran siripnya dua kali lebih besar ketimbang ukuran badannya. Umumnya, ikan mas koki yang satu ini memiliki warna merah. Namun, ada juga variasi warna yang tak kalah cantik dengan warna merah.

Ikan ini juga memiliki panggilan lain seperti Ribbontail Jepang, Fringetail, Fantail, dan Veiltail. Bentuk fisiknya pendek dan bungkuk dan tidak memiliki punuk di bahunya. Moncong ikan Ryukin berbentuk lancip. Panjang tubuhnya bisa mencapai 21 cm.

Gambar Ikan Mas Koki Black Moor
Ikan Mas Koki Black Moor

5. Ikan Mas Koki Black Moor


Black Moor merupakan jenis ikan mas koki yang didominasi oleh warna hitam pada bagian tubuhnya. Ditambah juga dengan warna kuning keemasan yang membuatnya tampak lebih eksotis. Ciri lainnya adalah mata yang besar dan melotot.

Baca Juga : Harga Ikan Mas Koki Biasa

Gambar Ikan Mas Koki Calico
Ikan Mas Koki Calico

6. Ikan Mas Koki Calico


Jenis ikan mas koki ini sangat khas dengan bercak-bercak hitam berukuran kecil. Nah, ikan mas koki calico memiliki bercak yang tersebar hampir di seluruh permukaan tubuhnya. Tapi, bercak kecil ini justru menambah kecantikan Si Calico.

Gambar Ikan Mas Koki Komet
Ikan Mas Koki Komet

7. Ikan Mas Koki Komet


Banyak penggemar ikan hias yang menambatkan hatinya pada Si Komet ini. Sebab, bentuk tubuhnya agak berbeda dengan ikan mas koki pada umumnya. Jika kebanyakan ikan mas koki berbentuk agak gemuk dan tidak simetris, maka Komet memiliki tubuh yang cenderung lebih ramping. Dihiasi dengan ekor panjang menambah kesan elegan pada ikan ini.

Gambar Ikan Mas Butterfly Tail
Ikan Mas Butterfly Tail

8. Ikan Mas Butterfly Tail


Ikan ini termasuk dalam jenis ikan mas koki yang paling diincar para penggemar ikan. Langka dan unik. Ya, jenis ikan butterfly tail memiliki ekor yang membentuk diagonal atau huruf X. Ketika ikan meliukkan sirip dan ekornya, seperti melihat seorang penari yang bergerak lincah memainkan gerakan tubuhnya.

Gambar Ikan Mas Koki Mutiara
Ikan Mas Koki Mutiara

9. Ikan Mas Koki Mutiara


Nama lain dari ikan mas koki mutiara adalah Chinsurin. Keunikan dari ikan ini terletak pada sisiknya. Bentuknya cenderung timbul dan berwarna layaknya mutiara.

Gambar Ikan Mas Koki Fantail
Ikan Mas Koki Fantail

10. Ikan Mas Koki Fantail


Ikan yang satu ini juga cukup banyak penggemar yang berasal dari Negeri Sakura. Kecantikan Fantail ada pada sirip dan ekornya. Sirip tegak berjumlah satu terletak di bagian tubuh atas. Sedangkan empat sirip ada di bagian bawah. Ekornya menjuntai panjang. Jika sedang bergerak akan tampak semakin cantik dan elegan.

Baca Juga : 




Gambar Ikan Mas Koki Hanfusa
Ikan Mas Koki Hanfusa

11. Ikan Mas Koki Hanfusa


Struktur tubuh ikan mas koki hanfusa mirip dengan Lionhead. Terutama pada bagian kepala. Namun, perbedaan utamanya ada pada daging yang tumbuh di atas kepala Hanfusa. Jika pada Lionhead terdapat benjolan, maka Hanfusa berbentuk daging yang tumbuh.

Gambar Ikan Mas Koki Telescope Eye
Ikan Mas Koki Telescope Eye

12. Ikan Mas Koki Telescope Eye


Ikan mas koki telescope eye disebut juga dengan demekin. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki mata yang melotot seperti bentuk teleskop. Tapi, bentuk mata yang demikian belum terlihat ketika ikan masih berusia di bawah tiga bulan.

Gambar Ikan Mas Koki Panda Moor
Ikan Mas Koki Panda Moor

13. Ikan Mas Koki Panda Moor


Bentuk tubuh dan sirip dari jenis ikan mas koki yang satu ini sangat mirip dengan jenis black moor. Perbedaanya terletak pada warnanya yang berupa kombinasi antara hitam dan putih. Perpaduan warna tersebut sangat mirip dengan hewan panda. Menggemaskan sekali!

Gambar Ikan Mas Koki Tosakin
Ikan Mas Koki Tosakin

14. Ikan Mas Koki Tosakin


Ekor rumbai adalah nama yang cocok untuk jenis ikan mas yang satu ini. Kecantikan dari Tosakin mampu membuat pecinta ikan hias menjadi gandrung, sehingga Tosakin menjadi jenis ikan mas koki yang paling favorit. Siapapun akan terpikat dengan warna dan ekor rumbainya ketika meliuk di dalam air.

Nama lain ikan mas koki Tosakin adalah Ikan Mas Koki ekor Kipas Keriting (Curly Fantail Goldfish). Panjang maksimal yang bisa dicapai oleh ikan ini adalah 4 sampai 8 inci.

Gambar Ikan Mas Koki Shubunkin
Ikan Mas Koki Shubunkin

15. Ikan Mas Koki Shubunkin


Jenis ikan ini disebut sebagai kembaran dari ikan mas koki komet. Struktur tubuh, sirip, dan sisiknya sangat mirip. Akan tetapi, Shubunkin memiliki warna yang lebih beragam.

Baca Juga : Cara Pelihara Ikan Mas Koki Mudah Untuk Pemula

Gambar Ikan Mas Koki Sakura
Ikan Mas Koki Sakura

16. Ikan Mas Koki Sakura


Ikan Mas Koki Sakura memiliki paduan warna cantik merah dan putih. Kombinasi warnanya sangat apik dan proporsional. Tak heran jika banyak yang mengincarnya dan menjadikannya tergolong dalam ikan koki yang mewah. Nah, jika begitu, Sakura juga masuk dalam kategori ikan mas koki termahal.

Gambar Ikan Mas Koki Watonai
Ikan Mas Koki Watonai

17. Ikan Mas Koki Watonai


Jenis ikan mas koki Watonai memiliki ketahanan yang lebih baik ketimbang jenis lainnya. Meski begitu, ternyata Watonai belum terlalu terkenal di kalangan pecinta ikan hias. Padahal, warna emasnya sangat cantik dengan ekor dan sirip yang menjuntai panjang.

Gambar Ikan Mas Koki Wakin
Ikan Mas Koki Wakin

18. Ikan Mas Koki Wakin


Bisa dibilang kalau ikan mas koki wakin sangat mirip dengan nenek moyang dari berbagai jenis ikan koki. Bentuknya panjang dan memiliki perpaduan warna putih merah, putih oren dan putih saja.

Gambar Ikan Mas Koki Choten Gan
Ikan Mas Koki Choten Gan

19. Ikan Mas Koki Choten Gan


Choten Gan adalah jenis ikan mas koki yang bentuknya sangat aneh. Dengan ukuran mata dan tubuh yang tidak proporsional. Bahkan, matanya besar dan mengarah ke atas. Asal ikan mas koki Choten Gan adalah dari perairan Cina dan Korea.

Gambar Ikan Mas Koki Bubble Eye
Ikan Mas Koki Bubble Eye

20. Ikan Mas Koki Bubble Eye


Keunikan ikan mas koki Bubble Eye terletak pada posisi matanya. Terdapat gelembung besar yang menempel di kedua sisi mata ikan ini. Tapi, Anda harus berhati-hati saat memeliharanya. Sebab, jika tidak terawat dengan baik, maka gelembung tersebut bisa pecah. Sayang sekali, kan?

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Mas Koki Untuk Pemula

Gambar Ikan Mas Koki Jumbo
Ikan Mas Koki Jumbo

21. Ikan Mas Koki Jumbo


Ukuran ikan mas koki jumbo bisa mencapai dua kali lipat dari ikan mas koki biasa. Inilah yang menyebabkan jenis ikan koki yang satu ini menjadi unik.

Gambar Ikan Mas Koki Mini
Ikan Mas Koki Mini

22. Ikan Mas Koki Mini


Sesuai dengan namanya, jenis ikan mas koki ini memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang ikan lainnya. Bisa dibilang kalau ikan ini merupakan salah satu yang terkecil di dunia.

Gambar Ikan Mas Koki Goldfish
Ikan Mas Koki Goldfish

23. Ikan Mas Koki Goldfish


Ikan jenis ini memiliki bentuk fisik seperti ikan karper krusian dan belum terlalu banyak perubahan dengan warna dasar biru. Warna terbaik untuk jenis ini adalah merah matang tanpa warna perak sedikit pun. Ikan ini sangat cantik dan memiliki ekor terbelah dua atau forked. Dengan panjang total mencapai 2 inchi. Asalnya adalah dari China.

Gambar Ikan Mas Koki Meteor
Ikan Mas Koki Meteor

24. Ikan Mas Koki Meteor


Dinamakan sebagai ikan mas koki meteor karena bentuk tubuhnya tidak memiliki sirip ekor. Bentuk fisiknya aneh dan kurang proporsional. Tapi, justru itu yang menjadi keunikan tersendiri dan banyak diincar oleh para pecinta ikan hias.

Gambar Ikan Mas Koki Telur
Ikan Mas Koki Telur

25. Ikan Mas Koki Telur


Ikan mas jenis ini paling banyak ditemui. Bentuk tubuhnya bulat menyerupai telur dan tidak memiliki sirip punggung sama sekali. Maksimal panjang yang bisa dicapai oleh tubuh ikan telur adalah 20 cm dengan dominasi warna kuning di seluruh tubuhnya.

Baca Juga : Cara Bedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina dengan Mudah

Gambar Ikan Mas Koki Tamasaba (Ekor Mackerel)
Ikan Mas Koki Tamasaba (Ekor Mackerel)

26. Ikan Mas Koki Tamasaba (Ekor Mackerel)


Ikan yang memiliki nama latin Sabao ini asalnya dari Jepang. Bentuk dan warnanya sangatlah unik dan tidak lazim seperti ikan mas koki lain. Bentuk fisik Tamasaba mirip dengan Ryukin. Namun, ekornya cenderung tunggal dan menyerupai ikan mackerel.

Gambar Ikan Mas Koki Curled Gill
Ikan Mas Koki Curled Gill

27. Ikan Mas Koki Curled Gill


Ikan ini sering disebut sebagai ikan mas koki insang keriting. Varietas ini sangat unik sesuai dengan namanya. Tutup insangnya seperti terbalik. Corak ikan ini berwarna silver dengan bentuk ekor yang mirip kipas. Bentuk insangnya unik dan memiliki corak simple. Inilah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan hias.

Mana jenis ikan mas koki yang paling menarik perhatian Anda? Jika Anda tergolong penyuka ikan hias, jangan lupa untuk memberikan makanan ikan mas koki agar nutrisinya terpenuhi. Sehingga ikan hias Anda lebih sehat dan terhindar dari penyakit ikan mas koki. Demikian informasi ini, semoga bermanfaat!

Labels: Ikan mas koki

Terimakasi telah membaca Jenis Ikan Mas Koki Lengkap Paling Cantik. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Jenis Ikan Mas Koki Lengkap Paling Cantik"