Waspadai 5 Penyakit Ikan Mas Koki yang Bisa Berujung Kematian Ini


Apakah Anda gemar memelihara ikan mas koki? Mungkin sebagian orang akan mengalami sedikit masalah ketika memeliharanya di dalam aquarium. Ya, ikan mas koki adalah salah satu jenis ikan yang rentan terkena penyakit. Bahkan, bisa dibilang kalau jenis ikan ini lebih mudah mati.

Sebenarnya, kematian ikan mas koki bukanlah disebabkan karena sistem dalam tubuhnya yang lemah. Akan tetapi, lebih cenderung karena kesalahan dalam perawatannya. Sehingga, penyakit ikan mas koki lebih mudah menjangkit.

Salah satu contoh kesalahan dalam memelihara ikan mas koki yaitu kebersihan air yang tidak dijaga. Biasanya hal ini disebabkan karena pemberian makanan ikan mas koki yang kurang tepat, filter yang kurang baik, sirkulasi air yang tidak baik, dan juga salah cara mengganti air.

Macam Macam Penyakit Ikan Mas Koki

Penyakit Ikan Mas Koki


Nah, untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja jenis penyakit ikan mas koki beserta cara mengatasinya. Berikut rangkumannya:

1. Lernaea atau Cacing Perioder


Penyebab penyakit ikan mas koki yang satu ini adalah adanya parasit yang melekat dan menusuk seperti jarum. Parasit ini menembus tutup insang, sirip, badan, dan mata ikan. Tanda-tanda adanya learnea pada ikan adalah tampak ada luka di beberapa area tubuhnya.

Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa menggunakan dipterex atau sumition 50 ec dengan dosis sebesar 1 cc/m3 air. Cara lainnya adalah dengan merendam ikan selama 10 menit pada larutan formalin. Dosis yang perlu diberikan adalah sebesar 250 mg per 100 liter air.

Sedangkan untuk memberantas mata rantai penyakit, Anda perlu merendam aquarium di dalam larutan tetracycline dengan dosis 250 mg dalam 250 liter air.

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Mas Koki

2. Jamur (Saprolegniasis)


Penyakit ikan mas koki ini disebabkan adanya jamur pada saat suhu sedang dingin. Ikan mas koki akan terlihat seperti diselimuti kapas saat terkena jamur. Bagian tubuh yang biasa diserang meliputi tutup insang, kepala, dan sirip. Cara mengatasi jamur pada tubuh ikan adalah dengan merendamnya dalam larutan malachite green. Dosis yang perlu diberikan adalah sebesar 3 gr/m3 air selama 20 menit.

3. Bakteri Aeromonas (Punctata)


Bakteri ini tergolong ganas dan dapat menyebabkan badan ikan jadi berwarna tidak cerah. Selain itu, kulit ikan menjadi melepuh. Sehingga ikan akan berenang dengan lemah pada permukaan air. Disertai dengan megap-megap karena kekurangan oksigen.

Namun, penyakit ini bisa ditangani dengan memberikan pakan dengan dicampur 50 mg terramicine sebesar 50 mg/kg. Sebaiknya berikan campuran tersebut selama 7 hari. Akan tetapi, ikan yang sudah terinfeksi dengan berat sebaiknya dibuang saja agar tidak menulari ikan lain.

4. Bintik Putih (White Spot)


Penyakit ikan mas koki yang ditandai dengan adanya bintik kecil berwarna putih ini disebabkan oleh protozoa Ichthyophtirius. Pada infeksi yang lebih berat, terdapat selaput putih pada bagian tubuh ikan. Rasa gatal akan menyebabkan ikan sering menggosok-gosokkan badan dan berenang ke permukaan air dengan lemah.

Anda cukup membuatkan larutan methylene blue 1 % (1 gr dalam 100 cc air). Kemudian, larutan ini di ambil 4 cc saja. Lalu digabung dengan 4 liter air. Setelah itu, ikan yang terkena penyakit ini direndam dalam air tersebut selama 24 jam. Lakukan berulang kali hingga ikan sembuh.

5. Bakteri Aeromonas (Punctata)


Jika ikan mengalami pendarahan pada kulitnya, bisa jadi terkena infeksi bakteri Aeromonas Flurescens. Biasanya, luka akan memborok hingga sirip jadi grepes dan habis. Anda perlu waspada jika sirip dan ekor ikan mulai terlihat compang-camping. Cara menanggulanginya dengan mencampurkan oxytetracyclin 25 mg/kg pada pakan. Berikanlah selama 7 hari berturut-turut.

Nah, bakteri, jamur, dan mikoorganisme lainnya dapat menyerang ikan mas koki jika Anda melakukan hal-hal berikut ini:

Tidak Menjaga Kebersihan Air
Air yang tidak dijaga kebersihannya dan tercemar amoniak akan menyebabkan penyakit mudah menjangkit ikan mas koki. Biasanya, amoniak terdapat pada makanan ikan mas koki. Berbagai jenis ikan mas koki (termasuk ikan mas koki mutiara dan ikan mas koki oranda) rentan terhadap ammonia yang larut dalam air.

Kurangnya Oksigen Terlarut Dalam Air
Biasanya hal ini diakibatkan karena pemasangan aerator yang kurang pas sehingga sirkulasi air menjadi kurang bagus.

Baca Juga : Memelihara Ikan Mas Koki Oranda

Tips Mengobati Penyakit Ikan Mas Koki


Jika Anda sedang melakukan pengobatan terhadap ikan mas koki peliharaan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Saat pengobatan, sebaiknya gunakan heater atau pemanas pada aquarium. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan suhu. Paling sesuai jika Anda menyetel suhu pada 29 atau 30 derajat Celscius. Nah, jika begitu, penyembuhan ikan jadi lebih cepat.

2. Jika terdapat ikan sapu-sapu di dalam aquarium, sebaiknya pindahkan dahulu pada tempat lain. Sebab, ikan sapu-sapu tidak tahan pada suhu yang terlalu tinggi.

3. Untuk mencegah penularan penyakit pada ikan lain, sangat disarankan untuk mengkarantina ikan sakit pada wadah terpisah.

4. Akan lebih baik jika ikan sakit disediakan aquarium khusus untuk karantina.

5. Saat memindahkan ikan ke aquarium khusus, gunakan kantung plastik di dalam tas kertas agar ikan terhindar dari stress.

6. Sering-seringlah membersihkan aquarium. Paling tidak seminggu sekali agar bakteri tidak muncul kembali.

7. Periksa ikan mas koki setelah aquarium dibersihkan. Amati selama beberapa hari untuk melihat hasil pengobatan. Jika tidak ada perubahan, sebaiknya ganti dengan jenis pengobatan lain.

Baca Juga : Cara Membudidayakan Ikan Mas Koki

Nah, itulah beberapa penyakit ikan mas koki yang perlu diwaspadai oleh pemiliknya. Segera lakukan penanganan yang paling sesuai agar ikan kesayangan tidak berujung pada kematian. Anda bisa mendapatkan berbagai obat-obatan yang tertera di atas di apotek. Demikian, semoga bermanfaat.

Labels: Ikan mas koki

Terimakasi telah membaca Waspadai 5 Penyakit Ikan Mas Koki yang Bisa Berujung Kematian Ini. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Waspadai 5 Penyakit Ikan Mas Koki yang Bisa Berujung Kematian Ini"