Ikan Hias Aquascape Pemakan Lumut dan Kotoran Lainnya

Lumut yang hidup di dalam akuarium merupakan pengganggu utama di dalam ekosistem air, hal ini dikarenakan tumbuhnya alga dapat membuat keindahan di dalam akuarium berkurang. Salah satu sebab munculnya lumut adalah karena banyaknya cahaya yang masuk ke dalam akuarium.

Untuk menjaga kebersihan di dalam akuarium, maka Anda harus membersihkan lumut membandel yang tumbuh di dalam akuarium secara rutin. Namun jika Anda tidak mau repot sering membersihkan lumut di dalam akuarium ada beberapa jenis ikan pemakan lumut yang yang bisa menjadi solusi untuk membantu Anda membersihkan lumut di dalam akuarium.

Kali ini saya memiliki beberapa jenis ikan hias yang bisa Anda pelihara untuk membebaskan akuarium Anda dari lumut yang membandel.

Gambar Ikan SAE (Siamese Algae Eater)

1. Ikan SAE (Siamese Algae Eater)

Ikan ini merupakan ikan pemakan lumut yang cukup populer dan sangat disukai para aquascaper untuk membersihkan alga di dalam akuarium. Ikan ini juga bisa dicampur dengan ikan hias kecil lainnya. Karena ikan ini jenis ikan omnivora, selain memakan lumut dan kotoran di dalam akuarium, ikan SAE juga memakan cacing pipih yang mengganggu kehidupan di dalam akuarium.

Apabila lumut di dalam akuarium telah bersih, Anda bisa memberi makan ikan ini dengan pelet ataupun cacing sutra, agar ikan ini tidak kelaparan.

Gambar Ikan CAE (Chinesse Algae Eater)

2. Ikan CAE (Chinesse Algae Eater)

Selanjutnya ada ikan CAE, ikan yang berwarna kuning cerah ini seringkali disebut dengan nama Ikan Lemon karena warnanya kuning menyerupai warna lemon. Ikan ini termasuk ke dalam ikan pemakan tumbuhan alias Herbivora. Ikan ini merupakan ikan alami untuk membersihkan lumut / ganggang dan kotoran lain yang ada di dalam akuarium. Namun jika sudah besar, ikan ini akan berhenti memakan lumut dan dapat mengganggu ikan lainnya. Apabila ukuran ikan sudah lebih besar dari ikan lain pisahkan ikan ini, karena bisa bisa ikan lain dapat stres karena tingkah ikan CAE.

Baca Juga : Ikan Black Tetra, Si Kecil Hiasan Aquascape yang Cantik

Gambar Ikan Corydoras

3. Ikan Corydoras

Ikan ini selain bisa membersihkan lumut di dalam akuarium, ikan ini juga dapat membersihkan kotoran sisa sisa makanan yang tidak habis dari ikan lain. Selain itu ikan ini juga sangat baik kepada ikan hias lain. Ikan ini sangat cocok digabungkan dengan ikan hias kecil di dalam aquascape.

Gambar Ikan OTO (Otocinclus Affinis)

4. Ikan OTO (Otocinclus Affinis)

Ikan ini memiliki tubuh yang cukup kecil hanya sekitar 4 cm, akan tetapi memiliki kemampuan yang cukup tangguh dalam membersihkan kotoran dan lumut di dalam akuarium. Oleh sebab itu ikan ini sangat direkomendasikan untuk ikan pembersih akuarium.

Ikan ini dapat hidup dengan berbagai jenis ikan hias aquascape lain, namun sangat disangkan untuk mendapatkan ikan pembersih lumut ini cukup sulit dan karena sulitnya mendapatkan ikan ini harganya pun cukup mahal.

Gambar Ikan Brushmouth

5. Ikan Brushmouth

Ikan pemakan alga selanjutnya ada ikan brushmouth, ikan ini masuk ke dalam jenis ikan pleco atau di indonesia kerap disebut ikan sapu - sapu. Ikan ini sangat efektif untuk membersihkan lumut khususnya alga green spot. Selain sebagai ikan pembersih alga, ikan ini juga dapat dijadikan ikan hias aquascape karena memiliki warna yang cukup menarik.

Baca Juga : Daftar Pakan Ikan Hias yang Bagus untuk Ikan Hias

Demikian artikel tentang ikan hias aquascape yang dapat membersihkan lumut di dalam akuarium, semoga bisa membantu untuk Anda yang mengalami masalah tumbuhnya lumut di dalam akuarium dan ingin akuariumnya tetap bersih dan terhindar dari kotoran lain.

Labels: Ikan Hias

Terimakasi telah membaca Ikan Hias Aquascape Pemakan Lumut dan Kotoran Lainnya. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Ikan Hias Aquascape Pemakan Lumut dan Kotoran Lainnya"