Cara Mengatasi Ikan Neon Tetra Terkena White Spot





Ketika memelihara ikan neon tetra, pastinya Anda pernah mendapati ikan hias Anda terkena bermacam penyakit, salah satunya adalah Penyakit White Spot. Penyakit ikan hias ini merupakan adanya bintik putih pada tubuh atau sisik ikan, hal ini dikarenakan adanya parasit atau jamur yang hidup pada sisik ikan tetra.

Jika ikan yang Anda pelihara terkena penyakit ini, maka Anda harus merawatnya dengan hati - hati dan penuh kesabaran, karena penyakit jenis ini penyakit yang agak bandel atau agak susah disembuhkan jika Anda tidak menanganinya dengan benar.

Foto Ikan Hias Neon Tetra
Ikan Hias Neon Tetra

Penyakit ikan white spot merupakan faktor penyebab kematian pada ikan terbesar daripada jenis penyakit lainnya. Penyakit ini bisanya terjadi karena ikan hias terlalu sering berkontak dengan ikan lain, bisa juga karena stres. Cara mengobatinya juga gampang gampang susah, berikut di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi penyakit white spot atau bintik putih pada ikan neon tetra.

Baca Juga : Pakan Ikan Neon Tetra Supaya Cepat Besar

1. Rendamlah ikan neon tetra dengan larutan methylin blue, sesuaikan takaran obat dari toko ikan dan tambahkan garam secukupnya, normalnya penyakit akan hilang selama 2 hari direndam, namun jika penyakit white spot sudah parah, antara mati / maksimal 1 minggu baru sembuh.

2. Jaga kebersihan air akuarium, salah satu penyebab timbulnya penyakit bintik putih pada ikan neon tetra adalah kebersihan akuarium yang keruh dan tidak terjaga. Usahakan Anda rutin mengganti air akuarium setiap 3 minggu sekali, supaya pH air di dalam akuarium tetap terjaga.

3. Jangan gabungkan ikan yang bersifat agresif dengan neon tetra, karena hal ini bisa menyebabkan stres dan menjadi salah satu pemicu ikan menjadi stres dan dapat menjadi salah satu fakot timbulnya bintik putih pada ikan. Jika sudah terlanjur segera pisahkan ikan jenis lain yang cukup agresif pada akuarium berbeda.

4. Jangan menaruh tanaman akuarium yang susah untuk dibersihkan, hal ini supaya tumbuhan tersebut tidak menyimpan kotoran yang dapat menjadi hama tumbuhnya hama jamur yang dapat menyerang ikan neon tetra dan dapat memicu terjadinya white spot pada ikan neon.

5. Peliharalah ikan neon tetra dalam jumlah banyak agar ikan dapat bergerombol / berkelompok, biasanya ikan ini akan merasa kesepian dan dapat memicu stres dan bisa memicu terjadinya penyakit white spot. Karena pada dasarnya di habitat aslinya ikan neon tetra merupakan ikan yang suka bergerombol, jadi jika hanya dipelihara satuan bisanya tidak akan bertahan lama berujung kematian.

Baca Juga : Harga Ikan Neon Tetra

Demikian artikel mengenai beberapa tips pengobatan dan pencegahan penyakit white spot pada ikan neon tetra semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian Para Pecinta Ikan Hias Indonesia. Semoga ikan neon tetra kalian cepat diberi kesembuhan.

Labels: Ikan Neon Tetra

Terimakasi telah membaca Cara Mengatasi Ikan Neon Tetra Terkena White Spot. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Ikan Neon Tetra Terkena White Spot"