Warna Ikan Neon Tetra Pudar, Apa Sebabnya?

Kalian pasti pernah kan memelihara ikan neon tetra, namun tiba - tiba warna ikan neon tetra pudar dan tidak secerah seperti biasanya? Jika hal ini terjadi pada kalian pasti akan sangat mengesalkan bukan? Ada banyak hal yang dapat menyebabkan warna ikan neon menjadi pudar dan tidak cerah seperti biasanya, mulai dari pakan, lingkungan dan hal lainnya.

Bahkan resiko yang paling besar bukan hanya pudarnya warna ikan melainkan bisa berujung kematian pada ikan neon tetra jika masalah pada ikan neon tetra tidak cepat diatasi. Untuk itu admin kali ini memiliki beberapa studi kasus penyebab terjadinya warna pudar pada tubuh ikan neon tetra. Simak penjelasannya di bawah ini.

Warna Ikan Neon Tetra Pudar, Apa Sebabnya?

1. Kualitas air di dalam akuarium terganggu, bisa jadi penyebabnya adalah karena air akuarium keruh, hal ini bisa disebabkan karena pakan ikan yang kurang bagus. Perhatikan suhu air supaya tidak terlalu hangat maupun dingin.

Kemungkinan bisa juga dikarenakan karena banyaknya gulma yang tumbuh di dalam akuarium Anda, sebaiknya anda memiliki ikan untuk membersihkan lumut agar kebersihan akuarium tetap terjaga dan pastinya ikan tetap sehat.

Sebaiknya Anda mengecek suhu air dan kebersihan akuarium secara teratur. Ganti air akuarium 2 minggu sekali. Karena salah satu penyebab pudarnya warna ikan hias adalah dari air akuarium itu sendiri.

Baca Juga : Cara Bedakan Ikan Neon Jantan dan Betina

2. Pastikan cahaya di akuarium tidak terlalu terang, hal ini karena ikan neon tetra tidak cocok hidup dengan cahaya yang terlalu terang secara terus terusan, untuk mengurangi radiasi cahaya yang panas dari sinar lampu atau lainnya, anda bisa menambahkan tumbuhan air untuk tempat berlindung ikan.

3. Jangan campurkan ikan neon tetra dengan ikan yang agresif atau pemburu, karena ikan neon tetra akan terganggu dan ikan neon tetra akan stres, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan ikan, dan dapat memicu pudarnya warna pada tubuh ikan neon.

4. Usahakan untuk memelihara ikan neon tetra jangan cuma 1, karena sifat ikan ini suka bergerombol jadi minimal pelihara di atas 5 ekor. Karena jika dipelihara sedikit ikan akan merasa bosan dan bisanya akan berdampak melemahnya mental ikan, karena ikan akan merasa kesepian. Hal ini akaan memicu terjadinya pemudaran warna ikan, dan dalam banyak kasus, ikan neon akan mengalami kematian.

5. Pakan yang tidak berkualitas. Dalam memberikan makanan untuk ikan neon tetra, anda tidak boleh asal, karena ikan jenis ini agak pilih pilih dalam urusan makanan. Jika makanan yang diberikan kurang cocok, dapat berakibat kurangnya nafsu makan sang ikan dan dapat membuat warna ikan memudar.

Sebaiknya Anda memberikan pakan yang memang dikhususkan untuk ikan neon tetra. Selain itu berikan juga makanan alami untuk ikan neon tetra, seperti cacing sutra, kutu air. Makanan alami seperti ini mampu membantu meregenerasi warna ikan hias neon tetra supaya makin cantik.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

Demikian sedikit informasi mengenai gejala Warna Ikan Neon Tetra yang pudar, semoga dapat membantu Anda yang sedang kebingungan ikannya di rumah warnanya pudar dan terlihat pucat.

Labels: Ikan Neon Tetra

Terimakasi telah membaca Warna Ikan Neon Tetra Pudar, Apa Sebabnya?. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Warna Ikan Neon Tetra Pudar, Apa Sebabnya?"