Cara Memelihara Ikan Mas Koki dengan Mudah

Konten [Tampil]

Memelihara Ikan Mas Koki sangatlah mudah, karena ikan ini salah satu ikan yang tidak mudah mati dianatara banyaknya ikan hias air tawar yang ada.

Namun perlu diperhatikan memelihara ikan ini juga tidak boleh sembarangan, terutama masalah kebersihan, karena ikan ini koki tidak suka hidup dalam air atau kolam yang airnya keruh.

Jika Anda ingin memelihara ikan koki, sebaiknya Anda mempersiapkan pompa akuarium dan saringan agar air terus berputar dan kotoran bisa kita saring dan air dalam akuarium tetap terjaga kebersihannya.

Cara Memelihara Ikan Mas Koki dengan Mudah

Perlengkapan Sebelum Memelihara Ikan Mas Koki


Lalu apa sajakah hal lain yang harus kita persiapkan untuk memelihara ikan mas koki? Berikut kami akan menjelaskan secara lengkap di bawah ini.

1. Wadah


Hal yang paling utama dalam memelihara ikan hias jenis apapun pastinya wadah, dapat berupa kolam ataupun akuarium.

Dalam memilih wadah tentunya Anda harus menyiapkan wadah yang cukup besar supaya ikan mas koki bisa hidup dengan bebas, karena ikan ini merupakan ikan yang agresif dan tentunya agar ikan ini mendapatkan oksigen yang berkecukupan.

Baca Juga : Cara Kawinkan Ikan Mas Koki

2. Air


Dalam memilih air untuk akuarium ikan mas koki, tidak boleh semabarangan, pastikan air tidak tercemar zat zat kimia, seperti kaporit, insktisisda dan senyawa berbahaya lainnya.

Jadi untuk air usahakan Anda menggunakan air sumur agar kandungan di dalam air aman dan tidak mengganggu kehidupan ikan hias koki nantinya.

2. Pompa Air


Seperti yang sudah saya singgung di atas, agar air akuarium tetap terjaga kebersihannya, maka Anda perlu menyiapkan sebuah pompa air. Karena ikan jenis ini sangat rentan mengalami kematian jika hidup pada air yang keruh.

3. Filter Akuarium


Sesudah menyiapkan pompa air, tidak boleh ketinggalan filternya karena dengan filter ini yang dapat menyaring kotoran dalam akuarium yang disedot oleh pompa air.

Jika Anda hanya menggunakan pompa air tanpa filter saya rasa itu percuma dan sia sia saja. Kamu bisa membuat filter akuarium sendiri atau membelinya di toko ikan hias terdekat di kota Anda.

Baca Juga : Daftar Harga Filter Akuarium

4. Kerikil


Untuk hiasan akuarium ikan mas koki tidak usah neko neko kerikil kecil-kecil saja sudah cukup, karena jika menggunakan terumbu karang atau lainnya yang berukuran besar dapat menjadi sarag lumut dan dapat membuat air menjadi asam dan keruh, yang pastinya membuat ikan tidak nyaman dan dapat mengganggu kesehatan ikan nantinya.

5. Pencahayaan / Lampu


Untuk ikan ini, kamu bisa menggunakan lampu pijar redup untuk menghangatkan suhu air di dalam akuarium, usahakan nyalakan lampu tersebut setidaknya 8 hingga 12 jam sehari, ini untuk meniru siklus siang malam pada alam aslinya.

6. Menyiapkan Ikan Mas Koki


Setelah mempersiapkan semuanya, saatnya anda menyiapkan ikan mas koki yang berkualitas dan pastinya sehat, Anda bisa membelinya di toko ikan hias terdekat di kota Anda. Sebelum membeli ikan ini, pastikan Anda mengetahui harga pasarannya, silahkan simak artikel : Harga Ikan Mas Koki di Pasaran.

Makanan Ikan Mas Koki


Pakan untuk ikan mas koki sangat beragam, mulai dari yang organik maupun pelet pabrikan. Beberapa makanan alami untuk ikan mas koki adalah cacing darah, cacing sutera, kutu air dan untuk pelet ikan mas koki untuk Anda yang tidak mau ribet mencari bahannya. Saya biasanya memberi dengan Pakan Takari.

Perawatan Ikan Mas Koki


Setelah anda memiliki dan memelihara ikan mas koki sendiri di rumah Anda juga harus merawatnya supaya ikan tetap sehat dan tidak mudah mati.

Salah satunya adalah dengan mengganti air akuarium secara rutin maksimal 1 bulan sekali, meskipun filter akuarium dapat membersihkan akuarium.

Namun Anda tetap harus menggantinya karena lama kelamaan air akan memiliki zat keasaman yag tinggi dan dapat mengganggu kesehatan ikan dan menimbulkan penyakit pada ikan mas koki Anda.

Penyakit Ikan Mas Koki


Dalam memelihara ikan hias, pastinya ada saja kendalanya salah satunya adalah ikan terkena bebagai penyakit, biasanya penyakit yang umum menyerang ikan mas koki adalah : Lernaea atau Cacing Perioder, Jamur, Punctata, White Spot dan masih banyak yang lainnya, namun diatas adalah penyakit ikan mas koki yang paling sering ditemui.

Demikian artikel untuk cara memelihara ikan mas koki yang dapat saya sampaikan untuk saat ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi peluang bisnis ikan hias Anda nantinya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memelihara Ikan Mas Koki dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel