Cara Budidaya Ikan Platy Paling Mudah (Lengkap)

Cara Budidaya Ikan Hias Platy

Ikan Platy


Platy merupakan jenis ikan hias yang memang sangat indah. Anda akan sangat dimanjakan apabila anda memiliki akuarium yang memiliki banyak ikan hias ini di dalamnya dan oleh karena itu lah memang peminat ikan hias platy sendiri sudah semakin banyak setiap harinya. Ikan platy merupakan ikan yang sangat menarik dan ketahanan tubuhnya pun bisa dikatakan sangatlah luar biasa kuat. Perlu anda ketahui apabila anda menyukai ikan platies maka anda perlu memanfaatkan ikan hias yang cantik ini sebagai ladang usaha yang sangat luar biasa.

Ada sangat banyak orang yang berhasil karena memanfaatkan peluang bisnis ikan platy ini dan oleh karena itu maka anda merupakan seorang pribadi yang bisa dikatakan bodoh apabila tidak mau memanfaatkan peluang yang disediakan oleh ikan hias platy. Untuk membuktikan kecerdasan tersebut, anda memang sangat perlu membudidayakan ikan hias cantik inikarena jika anda membudidayakannya maka keuntungan dalam jumlah besar itu akan dengan mudah anda dapatkan.

Jika anda belum mengetahui tentang cara membudidayakan ikan hias yang satu ini maka anda sudah berada di tempat yang sangat tepat karena pada kesempatan kali ini akan kami berikan kepada anda cara budidaya ikan platy di rumah lengkap bagi pemula. Pahamilah ulasan kami tentang cara membudidayakan ikan hias jenis platy ini agar anda bisa mendapatkan keuntungan dari apa yang akan kami sampaikan.

Cara Budidaya Ikan Platy

Usaha cara budidaya ikan platy yang baik dan benar

Memilih Indukan yang Berkualitas


Untuk membudidayakan ikan platy maka hal yang perlu dipersiapka di awal adalah memilih indukannya terlebih dulu, memilih indukan ikan juga tidak boleh sembarangan, anda harus memilih indukan ikan yang berkualitas, karena apabila anda memilih indukan yang tidak berkualitas maka anda lah yang akan sangat dirugikan, karena nantinya akan melahirkan bibit yang kurang bagus bahkan mengalami kecacatan.

Maka dari itu, memilih indukan yang berkualitas merupakan hal yang harus sangat diperhatikan mulai dari awal, karena dengan indukan yang baik, maka bibit keturunannya pun pasti akan berkualitas dan bisa memberikan anda kepuasan serta keuntungan jika dijadikan menjadi sebuah peluang bisnis.

Jika anda belum mengetahui cara memilih indukan platy yang berkualitas, anda hanya perlu membeli indukan ikan platy yang memiliki harga tinggi karena harga tidak akan pernah membohongi anda, namun anda harus membelinya di tempat yang sudah terpercaya.

Cara memilihan indukan ikan platy yang berkualitas agar budidaya sukses

Perbedaan Ikan Platy Jantan dan Betina


Anda juga memerlukan kemampuan untuk membedakan ikan platy jantan dan betina karena hal ini merupakan trik budidaya ikan platy yang akan sangat penting untuk anda. Untuk membedakan ikan platy jantan dan betina sebenarnya sangatlah mudah dan bagi anda yang belum mengetahuinya maka perhatikanlah ciri ciri yang kami berikan di bawah ini:

Ciri Ciri Ikan Platy Jantan

  • Kepala jauh lebih besar dibandingkan betina
  • Sirip di punggungnya cukup panjang
  • Warnanya sangat cerah
  • Postur tubuhnya ramping
  • Terdapat tonjolan pada bagian belakang sirip perut


Baca Juga : Daftar Harga Ikan Platy Terbaru

Ciri Ciri Ikan Platy Betina

  • Ukuran Kepala lebih kecil
  • Sirip di punggungnya lebih pendek
  • Warnanya kusam
  • Postur tubuhnya gemuk
  • Tidak memiliki tonjolan pada bagian belakang sirip perut

Tips bagaimana cara membedakan ikan platy jantan dan betina secara mudah

Dengan ciri ciri yang kami jelaskan di atas maka dapat dipastikan kemampuan anda untuk membedakan ikan platy jantan dan betina pun akan semakin mudah dan anda pun pasti akan lebih mudah dalam memilih indukan ikan.

Proses Pemijahan Ikan Platy


Jika Anda sudah memilih induk ikan platy, sekarang anda bisa memulai cara mudah membudidayakan ikan platy di rumah lengkap yang saya tujukan untuk para pemula, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pemijahan.

Sebelum memulai proses pemijahan, anda harus menyiapkan beberapa alat untuk pemijahan, diantaranya adalah wadah / akuarium, kemudian jaring carilah jaring yang tidak terlalu rapat yang bisa dilewati oleh anakan ikan platy, namun tidak bisa dilewati oleh induknya.

Kemudian isikan air ke dalam akuarium tersebut, lalu masukan jaring pemisah yang fungsinya adalah untuk memisahkan antara anakan dan induk ikan nantinya setelah melahirkan. Setelah jaring sudah terpasang, sekarang masukkan daun ketapang ke dalam akuairum dan diamkan selama 2 hingga 3 hari, nantinya air akan berubah warnanya menjadi kecokelatan. Dan itu artinya air tersebut sudah bisa digunakan untuk melakukan pemijahan ikan platy

Sekarang masukkan indukan platy jantan dan betina yang sudah dipersiapkan tadi ke dalam akuarium. Selama proses pemijahan, berikan lah pakan secara rutin 2 kali selama sehari dan perlu diperhatikan anda tidak boleh memberi makan secara berlebihan, karena dapat mengotori air dan jangan sampai kurang memberi asupan makanan, karena dapat mengganggu kesehatan sang induk ikan.

Baca Juga : Jenis Jenis Ikan Platy

Jika perut indukan betina telah mulai membesar, maka anda pun harus mengeluarkan sang jantan karena ditakutkan sang jantan akan memakan anak ikan platy tersebut. Saat ikan betina sudah melahirkan barulah anda bisa mengeluarkannya dari akuarium pemijahan. Dan selamat anda sudah berhasil memijahkan ikan platy.

Perawatan Larva Ikan Platy

Penting cara merawat larva ikan platy yang baik

Perlu anda ketahui, larva ikan platy baru akan bisa berenang setelah 2 hari dan oleh karena itu anda memang perlu sadar akan perawatan larva platy yang merupakan salah satu langkah penting dalam cara budidayakan platy di rumah ini. Ketika larva itu belum berumur 5 hari, anda perlu memberikan infusoria sebagai pakan bagi larva tersebut, tetapi setelah larva platy tersebut berumur 5 hari maka anda pun sudah bisa memberikan kutu air untuk makanannya.

Ketika larva ini telah dirasa cukup kuat maka bukan merupakan keputusan yang baik apabila anda terus memberikan kutu air kepada larva tersebut karena akan sangat bijak apabila anda memberikan cacing darah atau pun cacing sutra. Anda tidak boleh terburu buru dalam memanen ikan platy karena apabila ikan platy yang dipanen belum cukup kuat maka ditakutkan ikan tersebut tidak akan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Anda bisa memanen ketika telah berukuran 2,5 cm, tetapi kali ini kami sangat menganjurkan anda untuk memanen ikan hias platy ketika ukurannya telah mencapai 3 cm.

Jika anda benar benar mengikuti tahapan dari cara membudidaya ikan platy yang kami berikan di atas maka anda akan berhasil dan bukan tidak mungkin anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis rurmahan. Karena cara yang kami berikan di atas memang sudah sangat lengkap dan akan sangat bisa memfasilitasi anda untuk bisa membudidayakannya lagi.

Semoga anda tidak mengalami kesulitan ketika sedang membudidayakan ikan hias platy dan semoga juga dengan ulasan yang kami berikan diatasi maka anda akan bisa mendapatkan kesuksesan dan juga akan bisa mendapatkan uang dalam jumlah besar seperti yang anda harapkan. Sekian dari kami dan terima kasih.


Labels: Ikan platy

Terimakasi telah membaca Cara Budidaya Ikan Platy Paling Mudah (Lengkap). Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Platy Paling Mudah (Lengkap)"