20+ Jenis Ikan Molly Paling Lengkap Terbaru





Ikan Molly merupakan jenis ikan yang sangat diminati para pecinta ikan hias, selain bentuk dan warna tubuh yang cantik, ikan hias ini juga sangat mudah untuk dipelihara. Ikan ini juga termasuk ikan yang tenang dan cinta damai dan bisa dicampur dengan ikan hias kecil lainnya di dalam akuarium.

Untuk memelihara ikan hias cantik ini tidak perlu wadah akuarium yang besar, karena ikan ini tidak bisa tumbuh cukup besar, hanya berkisar 12 cm saja. Ikan ini juga termasuk ke dalam ikan jenis Omnivora yang memakan hampir semua jenis makanan, baik itu cacing beku (worm), cacing rambut, pelet dan makanan alami lainnya.

Perawatan yang mudah, serta ikan yang mampu cepat beradaptasi ini juga ternyata sangat mudah untuk berkembang biak, tentunya hal ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memulai bisnis ikan hias, karena dengan memelihara ikan hias molly ini, bisa mengurangi resiko kegagalan.

Sebelum mencoba memelihara sebaiknya kamu mengetahui jenis - jenis ikan molly terlebih dahulu, hal ini supaya kamu lebih paham akan karakteristik masing masing molly. Untuk itu kali ini admin akan memberikan ulasan Jenis Ikan hias molly di bawah ini.

Jenis Jenis Ikan Molly


Saat ini kita mengenal berbagai macam spesies ikan molly dan ikan ini memiliki beberapa kelompok yaitu Salifin Molly untuk ikan ber-sirip panjang, Short-fin molly untuk ikan ber-sirip pendek dan lyretail molly untuk ikan ber ekor cagak.

1. Sailfin Molly


Ikan yang masuk ke dalam sailfin molly ada 3 jenis yaitu Poecilia petenensis, Poecilia velifera, Poecilia latipinna.

Wild Green Sailfin Molly (Poecilia petenensis)


Sailfin Molly


Yucatan Molly


Baca Juga : Daftar Harga Ikan Murah Meriah

2. Short-fin Molly


Ikan yang masuk ke dalam short-fin molly diantaranya adalah Poecilia shenops, Poecilia mexicana, Poecilia latipunctata, Poecilia salvatoris, dan ikan lainnya.

Liberty Molly


Atlantic Molly


Broadspotted Molly


Common Molly


Ikan Molly Hybrids


Ikan jenis ini merupakan persilangan silang atau biasa disebut crossbreed antar spesies ikan molly agar menghasilkan jenis molly baru yang lebih cantik dan menarik. Hal ini karena kemudahan ikan ini untuk melakukan perkembangbiakan makanya terdapat banyak sekali spesies ikan molly baru dengan jens / strain yang berbeda.

Molly ber-sirip pendek biasa disebut molly saja
Black Molly memiliki warna hitam pekat akibat mengalami "melanistic" karena munculnya pigmen gelap pada bagian tubuh.
White Molly atau Silver Molly
Golden Molly : Molly yang memiliki warna emas
Molly Balon : Ika ini mengalami kecacatan fisik yang mengakibatkan ikan ini tidak sempurna sepenuhnya. Banyak yang memperkirakan jika umur ikan ini lebih pendek karena kecacatan pada tubuhnya mengakibatkan masalah kesehatan pada molly.
Lyretail Molly : Ikan Molly yang memiliki ekor yang meruncing
Dalmatian Molly : Molly silver dengan corak hitam

Baca Juga : Cara Membedakan Ikan Molly Jantan dengan Betina

Untuk lebih jelasnya mengenai jenis ikan molly di atas, silahkan lihat gambar di bawah ini :

Lyretail Molly


Platinum Lyretail Molly


Black Lyretail Molly


Sailfin Molly


Green Sailfin Molly 


Black Sailfin Molly


Harlequin Sailfin Molly


Silver Sailfin Molly


Dalmatian Sailfin Molly


Marbled Sailfin Molly


Chocolate Sailfin Molly


Gold Sailfin Molly


Cremesicle Sailfin Molly


Tangerine Sailfin Molly


Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Molly untuk Pemula

Moly Sirip Pendek


Silver Molly


Black Molly


Silver Molly


Molly Balon


Orange Ballon Molly


Black Ballon Molly


White Pot Belly Molly


Gold Dust Molly


Gold Doubloon Molly



Jenis Ikan Molly Termahal


Ikan Golden Black Molly

Ikan hias ini memiliki bentuk dan warna tubuh yang cantik, mungkin hal ini yang membuat permintaan ikan ini sangat tinggi dan tentunya membuat harga ikan ini semakin mahal, mahalnya ikan hias biasanya dipengaruhi oleh umur dan warna sisik yang menawan. Harga ikan ini bisa mencapai Rp 5000 per ekornya.

Ikan Black Molly 

Ikan hias jenis ini memiliki warna tubuh hitam pekat pada semua kulitnya dan hal ini menjadi daya tarik tersendiri dan membuat daya tarik para pecinta ikan hias. Harga ikan hias molly jenis ini bisa mencapau Rp 10.000 per ekornya, tergantung bagus tidaknya warna kulit ikan tersebut.

Ikan Molly Lyretail

Ikan jenis ini memiliki keunikan yang berbeda dengan ikan hias molly lainnya, ikan ini memiliki bentuk ekor berbentuk seperti huruf U dan ikan ini lumayan susah untuk ditemui, hal ini mengakibatkan harga dari ikan hias jenis ini lumayan mahal, harganya berkisar antara Rp 25.000 per ekornya. Namun tidak menutup kemungkinan harganya bisa lebih mahal lagi jika corak warna yang dimilikinya lebih bagus lagi.

Tips Memelihara Ikan Molly


Ikan Molly merupakan sepsies ikan air tawar yang sangat mudah dipelihara, namun kamu tetap harus memperhatikan air akuarium dan pakan ikan molly. Ikan sangat cocok hidup di air dengan suhu 25 - 27 derajat celcius dan selalu berikan makanan yang sehat baik pelet atau makanan alami.

Untuk mengawinkan ikan molly, caranya cukup mudah. Persiapkan seekor ikan molly jantan yang sehat wal afiat dan untuk pasangannnya taruh beberapa ikan betina. Setelah masa perkawinan ikan molly betina akan melahirkan anaknya sekitar 3 - 5 minggu .

Baca Juga : Pakan Ikan Hias Kecil Berkualitas

Setelah melahirkan, langsung pisahkan antara indukan dengan anakan yang baru dilahirkan, karena anakan ikan molly dapat dimakan oleh sang induk, hal ini biasanya terjadi karena kita kurang memberi asupan makanan pada ikan.


Labels: Ikan Molly

Terimakasi telah membaca 20+ Jenis Ikan Molly Paling Lengkap Terbaru. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "20+ Jenis Ikan Molly Paling Lengkap Terbaru"