Penyakit Ikan Neon Tetra dan Cara Mengobatinya

Konten [Tampil]

Saat ini ikan neon tetra banyak dipelihara oleh para pecinta aquascape, ikan hias ini memang sangat mudah beradaptasi dan sangat jarang terkena penyakit.

Hal itulah yang membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya, selain cara merawatnya yang terbilang mudah.

Namun ikan neon tetra juga memiliki bentuk tubuh dan corak warna yang sangat mempesona. Hal inilah yang membuat larisnya ikan neon tetra di pasaran. 

Penyakit Ikan Neon Tetra dan Cara Mengobatinya

Dengan harga ikan yang cukup murah, neon tetra sangat laris dipasaran, harganya berkisar Rp 2.000 hingga Rp 3.000 per ekornya.

Jika kamu baru belajar memelihara ikan hias, ikan neon tetra ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin terjun di dunia budidaya ikan hias.

Namun sebelum itu, meskipun ikan ini tahan terhadap penyakit, namun bukan tidak mungkin ikan neon ini tidak terkena penyakit,

Ada beberapa macam penyakit yang sering dijumpai menyerang ikan hias ini dan berikut admin sudah memiliki beberapa daftarnya dan lengkap dengan cara mengobatinya.

Penyakit Ikan Neon Tetra


Ada banyak sekali penyakit yang dapat menyerang ikan hias, salah satu dari banyaknya penyakit yang seringkali menyerang ikan hias neon tetra adalah Neon Tetra Disease (NTD).

Berikut di bawah ini akan dijelaskan lengkap dengan cara mengobatinya.

Cara Mengobati Ikan Neon Tetra Sakit


Neon Tetra Disease (NTD)

Penyakit neon tetra yang satu ini karena disebabkan oleh parasit Pleistophora hyphessobryconis, penakit ini umumnya disebabkan karena pakan yang menumpuk di dalam akuarium terlalu banyak. Seperti spora yang terbawa dari pakan hidup seperti cacing tubifex (cacing sutra).

Maka sebelum melakukan pengobatan apapun, kamu harus memastikan terlebih dahulu kondisi air dalam akuarium telah ideal untuk ikan neon tetra.

Penyebaran penyakit ini adalah langsung ke dalam organ tubuh ikan, setelah parasit masuk ke dalam usus ikan.

Parasit tersebut akan menyebar ke organ tubuh lainnya dan akan menggandakan diri atau berkembang biak dan selanjutnya akan menyebar ke seluruh tubuh.

Setiap organ yang sudah terinfeksi parasit ini warnanya akan menjadi pucat dan pada akhirnya akan berubah warna menjadi putih.


Gejala dan Ciri Ciri Ikan Neon Tetra Sakit karena NTD

  • Warna ikan memucat dan diikuti dengan memudarnya garis merah pada tubuh dan lama kelamaan akan menghilang.
  • Pada kondisi infeksi parasit yang masih ringan, bisa saja tidak menunjukan gejala apapun.
  • Ketika infkesi sudah masuk menengah hingga parah, selain warna tubuhnya semakin memucat, akan diikuti pula dengan timbulnya bercak bercak putih (white spot) pada bagian bawah kulit, hal ini diakibatkan karena kerusakan pada jaringan ikan oleh parasit.
  • Salah satu yang paling menonjol adalah Ikan akan malas bergerak dan cenderung diam di sudut akuarium dan terlihat lesu dan kurang bergairah.
  • Ukuran ikan akan semakin kecil dan

Baca Juga : Cara Memelihara Ikan Neon Tetra untuk Pemula 


Cara Mengobati Penyakit Neon Tetra Disease (NTD)

  • Pertama kali, pastikan kamu memindahkan ikan yang sudah terjangkit parasit NTD ke akuarium terpisah, hal ini supaya penyakitnya tidak menular ke ikan yang lain.
  • Selanjutnya lakukanlah desinfeksi untuk membasmi berbagai macam parasit di dalam akuarium dengan memberikan produk / obat pembasmi parasit ke dalam akuarium tadi. Berikan Pormula PRODAC AQUAMEDIK untuk mencegah infeksi parasit / mikroorganisame yang berbahaya untuk ikan ke dalam akuarium, hal ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit ikan lain di akuarium tersebut.
  • Penanganan pada ikan yang terkena infkesi parasit Pleistophora hyphessobryconis, berikan obat-obatan anti bakteri dan anti parasit seperti PRODAC Sanfish Ooodiny Cry yang sangat baik untuk mengobati infeksi akibat parasit pada ikan hias tersebut.

Pencegahan Terhadap NTD
  • Jagalah kualitas air di dalam akuarium tempat tinggal neon tetra dengan memberikan filter akuarium sehingga sirkulasi di dalam akuarium tetap terjaga dengan baik. Gunakanlah filter yang berkualitas dengan daya saring maksimal.
  • Jangan memberikan makanan hidup pada ikan neon tetra, seperti Cacing Tubifex, karena cacing jenis ini merupakan salah satu hospesintermediet dari parasit ini. Upayakan untuk selalume mberikan makanan ikan complete feed seperti Hei Feng A-Life Magic Excel, karena kandungan proteinnya yang tinggi dan memiliki nutrisi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh ikan neon tetra dan dapat meingkatkan kualitas warna ikan.
  • Perhatikan juga kadar pH, nitrat, nitrit, KH dan GH, hal ini untuk menghindari supaya ikan tidak stres yang dapat menurunkan kesehatannya dan bisa mengurangi nafsu makan sang ikan. 
Baca Juga : Makanan Ikan Neon Tetra agar Cepat Besar

Demikian artikel tentang penyakit ikan neon tetra dan bagaimana cara mengobatinya, semoga dapat bermanfaat dan kamu bisa memelihara ikan neon tetra dengan baik. Jika ada yang kurang paham dan ingin ditanyakan silahkan untuk mengirimkan di kolom komentar ya.

Belum ada Komentar untuk "Penyakit Ikan Neon Tetra dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel