Penyebab Ikan Molly Mati dan Cara Mencegahnya





Setiap ikan hias pastinya memiliki karakteristik yang berbeda beda dan cara penanganannya pun juga berbeda. Sebelum memelihara ikan kita harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik ikan yang akan kita pelihara, jika tidak kita akan mengalami kegagalan. Dan banyak faktor yang mempengaruhinya dan jika kita tidak bisa mencegahnya sejak dini makan bisa berujung kematian.

Penyebab Ikan Molly Mati dan Cara Mencegahnya

Dan kali ini admin akan membahas berbagai penyebab kematian ikan molly dan juga cara mencegahnya. Baiklah langsung saja, berikut ini adalah beberapa faktor penyebab ikan molly mati yang paling sering ditemui.

1. Ikan Molly Stres

Meskipun ikan ini termasuk ikan hias yang mudah untuk dibudidayakan untuk pemula, namun stress pada ikan ini bisa menjadi pemicu kematian yang paling sering ditemui, biasanya penyebab stres adalah karena ikan ini merasa tidak nyaman dengan keberadaan ikan jenis lain yang sangat agresif. Untuk mencegah ikan molly stres yang bisa mengakibatkan kematian adalah dengan menggabungkan ikan molly dengan ikan yang tenang ataupun tidak terlalu agresif.

2. Lingkungan yang kotor

Penyebab kematian ikan molly yang selanjutnya adalah dikarenakan akuarium yang tidak tejaga kebersihannya, karena ikan jenis ini tidak bisa hidup pada ekosistem yang kotor, biasanya kotoran di dalam akuarium disebabkan karena penumpukan kotoran ikan. Cara mencegah hal ini adalah dengan rutin mengganti air dalam akuarium dan menjaga filter akuarium supaya bekerja dengan baik dan bisa menyaring kotoran di dalam akuarium dengan baik.

Baca Juga : Cara Memelihara Ikan Balon dengan Mudah

3. Kurangnya Nafsu Makan Ikan

Apabila makanan yang kita berikan tidak disukai oleh ikan molly maka hal ini bisa menjadi salah satu penyebab kematian ikan hias molly, pasalnya jika ikan tidak menyukai pakan yang diberikan maka ikan tidak akan memakannya dan memuntahkannya kembali. Jika hal ini tidak cepat ditangani dapat memicu kematian. Untuk mengatasi permasalahan ini cobalah memberi makanan ikan alami seperti cacing sutra, jentik nyamuk atau pakan pabrikan namun yang dikhususkan untuk ikan molly.

4. Faktor umur

Perlu diketahui, ikan molly memiliki umur yang tidak terlalu panjang, diperkirakan ikan hias ini hanya memiliki umur hanya berkisar antara 3 tahunan saja. Jadi coba diingat lagi, sudah berapa lama umur ikan molly yang kamu pelihara, bisa saja penyebabnya adalah karena faktor usia.

Tips Memelihara Ikan Molly agar tetap Sehat dan Panjang Umur

- Rutin Rutinlah mengganti air akuarium setidaknya 1 bulan sekali, jika filter pembersih bekerja dengan baik, bisa saja kamu menggantinya 2 - 3 bulan sekali, selama air di dalam akuarium tidak terlihat keruh.

- Jangan terlalu sering memberi pakan ikan hidup, karena pemberian pakan hidup bisa menimbulkan air di dalam akuarium menjadi cepat kotor, berilah pakan alami secara berkala sebagai selingan saja dan utamanya tetap memberi pelet khusus kan molly.

- Jangan menaruh ikan molly terlalu banyak pada wadah atau akuarium yang kecil, setidaknya berikan wadah akuarium yang cukup besar jika ingin memelihara ikan molly dalam jumlah yang banyak. Pasalnya ikan hias ini sangat menyukai tempat yang longgar dan bisa berenang kesana kemari, jika akuarium terlalu sempir karena banyaknya ikan dikhawatirkan akan membuat ikan molly menjadi stres.

Baca Juga : Inilah Jenis Ikan Molly Termahal

Demikian artikel tentang ikan molly yang bisa saya berikan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan jika ada yang inginditanyakan, silahkan kirimkan di kolom komentar ya.


Labels: Ikan Molly

Terimakasi telah membaca Penyebab Ikan Molly Mati dan Cara Mencegahnya. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Penyebab Ikan Molly Mati dan Cara Mencegahnya"