Inilah Perbedaan Ikan Discus Jantan dan Betina

Konten [Tampil]

Perbedaan jenis klamin ikan discus jantan dan betina

Membahas ikan discus memang tidak ada habisnya karena ikan cantik ini memiliki banyak kelebihan dan keunikan yang tidak dimiliki oleh ikan lainnya.

Keunikan dari ikan hias ini terlihat dari bentuk serta warnanya, dan itulah yang membuat harga ikan discus ini mahal.

Bentuk tubuh hias cantik ini menyerupai ikan hias layang-layang tapi bentuknya lebih bulat dan lebih unik. Untuk mengetahui perbedaan ikan discus jantan dan betina ternyata tidak semudah melihat perbedaan kelamin pada ikan lele.

Karena karakteristik ikan discus jantan dan betina hampir sama jika dilihat dari berbagai sisi. Sehingga untuk mengetahui perbedaan ikan hias cantik ini secara anatomi, berikut detail lengkapnya.

Perbedaan Ikan Discus Jantan Dan Betina


Cara mudah mengetahui ciri ciri ikan discus jantan dan betina

Bagian kepala discus jantan dan betina berbeda. Untuk ikan pejantan biasanya memiliki ukuran mulut yang agak besar, bagian hidungnya agak bengkok, serta bibirnya tampak menjulang ke atas dan jidatnya lebih menonjol. 

Lain dengan discus betina yang memiliki ukuran mulut dan bibirnya lebih kecil. Bentuk hidungnya tidak bengkok seperti discus jantan, dan bibirnya lebih tipis berbentuk simetris. Intinya bentuk kepala ikan discus betina lebih bulat dibanding discus jantan.

Baca Juga : Rekomendasi Makanan untuk Ikan Discus Terbaik

Perbedaan discus jantan dan betina terlihat juga melalui warnanya jika anda masih bingung membedakan ikan hias ini antara jantan dan betina, coba perhatikan dengan seksama bagian warnanya.

Ikan jantan coraknya lebih cerah dibanding betina, apalagi jika discus jantan ini sedang dalam masa birahi atau ingin kawin. Sedangkan pada discus betina, walaupun dalam keadaan birahi warnanya tetap tidak secerah discus jantan.

Lihat bagian sirip belakang ikan atau dubur Sirip dubur jantan memiliki bentuk yang agak membulat dan bentuknya lurus, untuk ikan discus betina bentuknya bulat total.

Tetapi bagi pecinta ikan hias pemula, biasanya akan lebih sulit membedakan bentuk siripnya tersebut. Jadi jika anda pemula pecinta ikan hias yang satu ini anda boleh langsung menanyakan kepada penjualnya yang mana discus jantan dan discus betina.

Melihat langsung kelamin ikan discus jantan dan betina Cara terakhir yang dapat anda lakukan dalam melihat perbedaan ikan discus jantan dan betina adalah dengan melihat langsung.

Caranya bagaimana? Anda dapat langsung menerawang alat kelamin kedua ikan tersebut. Alat kelamin ikan hias discus jantan bentuknya runcing sedangkan alat kelamin ikan discus betina bentuknya bulat dan juga lebar.

Sebenarnya jika anda ingin melihat perbedaannya dengan cara yang lebih mudah lagi, anda tinggal melihat karakteristik kedua ikan tersebut.

Pada ikan jantan gerakannya pasti lebih agresif dibanding ikan discus betina, sehingga anda bisa melihat perbedaan keduanya hanya dengan memerhatikan ikan-ikan tersebut saat mereka berada di akuarium.

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Discus per Ekornya

Tetapi jika anda kesulitan melihat karakteristik ikan discus jantan dan betina ini anda bisa melihatnya secara seksama dari beberapa poin di atas seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Melihat perbedaan kedua ikan ini memang susah-susah gampang tetapi tergantung dari anda sendiri mana yang kira-kira lebih mudah, melihat ciri-ciri fisiknya atau pergerakannya.

Kombinasi warnanya yang unik dan warna warni menjadi keunggulan utama dari ikan hias discus ini, ikan hias yang satu ini juga cocok dijadikan ikan untuk aquascape.

Tetapi ternyata membedakan dan mengetahui perbedaan ikan discus jantan dan betina ini menjadi suatu hal yang tidak mudah dan harus dilakukan dengan teliti.

Berlangganan Update Artikel Tentang Ikan Hias via email:

Belum ada Komentar untuk "Inilah Perbedaan Ikan Discus Jantan dan Betina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel