Ikan Black Ghost, Si Pemalu yang Cantik dan Mempesona





Ikan Black Ghost dikenal memiliki sifat yang tenang dan pemalu, namun banyak yang menyukainya, karena warna tubunya yang unik, memiliki warna hitam pekat dan hanya ada sedikit goresan warna putih pada ekornya. Karena warnanya yang hitam pekat inilah dia disebut dengan nama ikan hantu, namun meskipun disebut dengan nama ikan hantu, ternyata ikan ini merupakan ikan yang tenang dan pemalu.

Gambar Ikan Black Ghost

Mengenal Ikan Black Ghost


Ikan yang memiliki nama latin Apterontus albifrons merupakan ikan yang asalnya dari Sungai Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini tumbuhnya memanjang, bisa berkisar hingga 50cm dan tergolong ikan pisau (kinfe fish).

Si Hitam ini cenderung lebih suka bersembunyi dan jarang menampakan tubuhnya ke atas akuarium dan ika ini juga bergeraknya cukup unik, tidak seperti ikan ikan pada umumnya, ikan black ghost justru bergerak secara tegak dan dalam bergerak juga sangat eksotis, karena gerakannya yang melambai banyak orang menyebutnya dengan nama ikan balet, bahkan ikan bulu ayam karena saat bergerak bentuk tubuhnya membentu 90 derajat.

Masih penasaran kan mengenal lebih dalam ikan black ghost ini? Jangan khawatir kali ini admin akan membahasnya secara detail di bawah ini.

Baca Juga : Mau Aquascape Bersih? Pelihara Ikan Hias Ini

Apakah Ikan Black Ghost Predator?


Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa ikan ini memiliki sifat tenang dan tidak agresif, bahkan ikan ini sangat pemalu. Mungkin karena warnanya hitam dan memanjang ikan ini merupakan ikan yang suka memangsa ikan hias kecil lainnya. Namun jangan khawatir kok ikan ini sangat suka cinta damai, apalagi ukuran mulut ikan ini sangat kecil, jadi gak mungkin bisa memakan ikan lainnya.

Tempat Yang disukai Black Ghost


Ikan ini memiliki sifat yang kalem dan sering bersembunyi, tentunya ikan ini sangat menyukai tempat yang aman untuk bersembunyi dan sangat suka dengan tempat yang gelap.

Baca Juga : Daftar Ikan Hias Air Tawar Terindah yang Wajib Kamu Miliki

Mampu Menghasilkan Listrik


Meskipun sifatnya kalem, namun ikan ini ternyata bisa menghasilkan listrik tegangan lemah (<1V/cm) dan dengan frekuensi meda listrik antara 0,1 - 10 kHz. Tegangan tersebut dihasilkan dari organ pada ekor ikan dan akan dikelurakan melalui seluruh kulitnya untuk mendeteksi keberadaan mangsa didekatnya dan untuk mendeteksi objek di sekitar ikan dan bisa untuk berkomunikasi dengan ikan ikan lain.

Cara Membedakan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina


Sepertinya banyak yang kesulitan melihat perbedaan antara ikan jantan dengan ikan betina karena warnanya yang pekat dan sangat mirip antara keduanya. Ada dua cara membedakannya yaitu dengan melihat bentuk tubuh, ikan jantan memiliki bentuk tubuh yang ramping, panjang, lurus dan ukurannya lebih besar daripada ikan betina, begitu sebaliknya.

Dan perbedaan diantara keduanya bisa dilihat dari gerakannya, ikan black ghost lebih lincah daripada sang betina, ikan betina cenderung akan lebih tenang dan kurang gerak.

Makanan Ikan Black Ghost


Ikan ini memiliki mulut yang keci, tentunya pemberian makanan haruslah memiliki ukuranyang kecil. Ikan black ghost bisa diberikan makanan alami maupun pelet, tentunya makanan tersebut harus seukuran dengan rongga mulut ikan.

Untuk makanan alami, bisa diberikan jentik nyamuk, larva serangga, cacing sutera, dan makanan alam lainnya yang ukurannya cukup kecil. Dan untuk pakan pabrikan atau pelet pastikan kamu membeli yang berukuran kecil atau pelet yang dikhususkan untuk ikan black ghost.

Harga Ikan Black Ghost

Ikan ini merupakan ikan yang lumayan mahal, harganya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 80.000an, faktor yang mempengaruhi harga ikan ini adalah ukurannya. Semkin besar ukurannya, maka harga ikan black ghost semakin mahal. Untuk informasi selengkapnya silahkan baca artikel : Daftar Harga Ikan Black Ghost Paling Lengkap

Baca Juga : Daftar Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen

Perawatan


Untuk perawatan, ikan ini tidak suka dengan air yang keruh, meskipun dia suka dengan akuarium yang gelap bukan berarti dia bisa hidup di dalam akuarium yang keruh. Untuk menjaga akuarium tetap jernih pastikan kamu memasang pembersih dengan saringan yang bagus, setidaknya kamu harus mengganti air 4 - 5 minggu jika air tetap terjaga kebersihannya.

Penyakit Ikan Black Ghost


Seperti ikan hias lainnya, ada bermacam penyakit yang sering menyerang ikan black ghost, salah satu penyakit yang paling umum ditemui adalah white spot. Tanda tanda jika ikan ini terkena white spot adalah adanya bintik bintik putih pada tubuhnya, warna putih akan sangat terlihat jelas, karena warna dasar ikan hias ini adalah hitam, jadi tidak sulit untuk mengetahui penyakit ini.

Penyakit ini cukup sulit untuk diberantas, karena parasit ini terbungkus pada selaput sel lendir ikan. Biasanya bagian yang paling sering diserang penyakit ini adalah bagian kepala dan insang. Biasanya ikan yang terkena penyakit ini akan tampak malas untuk bergerak dan seringkali menggosok-gosokan badannya ke bagian permukaan akuarium, serta ikan akan terlihat megap megap atau kesulitan menggunakan insang. Jika penyakit sudah parah, bintik putih pada ikan menjadi bisul dan bisa pecah.

Pencegahan penyakit white spot pada black ghost, bisa dilakukan dengan memberikan larutan Blitz lch 1 tetes untuk 6 hingga 8 liter air akuarium. Dengan zat ini mampu menghilangkan parasit yang bisa meimbulkan penyakit white spot.

Baca Juga : Daftar Ikan Hias Kecil yang Suka Bergerombol

Dan jika sudah terlanjur terkena penyakit white spot, maka harus diberikan :
- 1 tetes Blitz lch / liter
- Metil biru 1% sebanyak 1 gram/ 100 cc air
- NaCl 10 - 15 gram per liternya

Demikian untuk artikel tentang ikan black ghost kali ini, semoga bisa bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu mengirimkannya lewat kolom komentar di bawah ya.

Labels: Ikan Black Ghost

Terimakasi telah membaca Ikan Black Ghost, Si Pemalu yang Cantik dan Mempesona. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Ikan Black Ghost, Si Pemalu yang Cantik dan Mempesona"