Inilah Daftar Makanan Ikan Guppy Supaya Cepat Besar

Konten [Tampil]

Salah satu ikan hias yang digemari masyarakat adalah ikan guppy. Karena tergolong ikan hias, tentu saja daya tarik mengapa orang banyak yang memelihara ikan ini adalah dari keindahannya.

Ya, guppy merupakan ikan hias yang sangat cantik dan memiliki keindahan tersendiri dari warnanya. Ikan guppy sangat cocok untuk dijadikan ikan hias di akuarium dan diletakkan di dalam ruangan sebagai pelengkap interior.

Inilah Daftar Makanan Ikan Guppy Supaya Cepat Besar

Namun ketika berbicara ikan hias yang satu ini tidak akan lepas dari yang namanya pemeliharaan ikan yang baik dan benar. Secara umum, memelihara ikan hias guppy sebenarnya tidaklah susah.

Ikan hias cantik ini tidak memerlukan banyak perawatan atau hal-hal khusus sehingga tidak merepotkan bagi pemiliknya.

Tetapi agar cepat besar dan tumbuh dengan baik, ada baiknya para pemiliknyamengerti apa saja makanan yang baik dan disukai oleh ikan cantik iniagar lebih cepat tumbuh besar.

Jika Anda salah satu dari pencinta ikan hias ini, pada artikel ini akan membahas daftar makanan ikan guppy agar cepat besar yang perlu anda ketahui.

Selain Anda akan dapatkan ikan yang besar, Anda juga akan mendapati ikan yang tumbuh besar memiliki kualitas warna yang indah.

Bagi Anda yang belum tahu, keindahan dari ikan hias ini tidak hanya berdasarkan dari keturunan. Memang benar, keturunan menjadi faktor yang menentukan bagaimana nantinya corak atau warna serta lekuk tubuh guppy saat tumbuh besar.

Gambar Ikan Guppy Blue

Namun yang belum diketahui banyak orang adalah ada juga faktor lain yang juga menentukan keindahan dari ikan cantik ini selain dari faktor keturunan.

Baca Juga : Perbedaan Antara Ikan Guppy Jantan dan Betina

Faktor lain yang dimaksud adalah makanannya. Apa yang dimakan oleh ikan guppy menentukan kualitas keindahan dan juga berpengaruh juga pada pertumbuhan ikan.

Untuk itu, di sini akan diulas apa saja daftar makanan guppy agar cepat besar yang perlu anda ketahui. Berikut daftar makanan alami dan pabrikan yang sangat cocok untuk diberikan pada ikan guppy.

Makanan Alami Ikan Guppy Terbaik


Jentik Nyamuk


Gambar Jentik Nyamuk

Secara alami, ikan yang hidup liar atau dengan kata lain bukan dipelihara, maka wajar ikan akan memakan makanan yang ukurannya sangat kecil dan tersedia di alam terbuka.

Salah satunya adalah jentik nyamuk. Ikan hias ini sangat gemar memakan jentik nyamuk. Mungkin saja karena memang bagi ikan yang cantik ini rasanya sangat enak.

Hal ini tidak mengada-ada karena memang jentik nyamuk atau biasa disebut cuk itu mengandung protein yang cukup tinggi.

Jentik nyamuk yang bisa tumbuh menjadi hewan penyedot darah ini ternyata bisa mempercepat pertumbuhan ikan hias guppy.

Selain bisa tumbuh besar dengan cepat, jentik nyamuk yang merupakan makanan favorit guppy ini juga bisa membuat tumbuhnya menjadi lebih cepat dan memiliki corak tubuh yang cantik dan elok.

Namun yang perlu diingat, jentik nyamuk yang diberikan pada ikan guppy harus diperhatikan kebersihannya.

Anda yang mengambil jentik nyamuk terutama dari kolam atau parit harus menyaring terlebih dahulu agar bakteri dan kotoran tidak masuk ke dalam tempat hidup akuarium Anda.

Kutu Air


Makanan Ikan Guppy - Kutu Air

Pernahkan Anda mendengar kutu air? Kutu air yang dimaksud di sini adalah hewan yang berukuran sangat kecil yang biasa hidup di perairan kotor misalnya di parit atau di sungai.

Hewan ini pun ternyata mengandung gizi yang sangat baik untuk pertumbuhan, selain itu makanan alami juga sangat baik untuk membantu mencerahkan warna ikan guppy.

Dan menariknya, kandungan protein, karbohidrat dan juga lemak bawa kutur air bisa juga menjamin tumbuhnya ikan hias ini menjadi lebih cepat.

Perlu diketahui, kutu air memiliki dua jenis dahpnia magna dan juga dahpnia sp. Namun pada dasarnya, kedua jenis kutu air ini sangat disukai oleh ikan ini dan bisa memberikan keuntungan untuk Anda karena ikan ini bisa tumbuh besar dengan cepat.

Baca Juga : Inilah Jenis Ikan Guppy Termahal di Dunia

Microworm


Microworm - Makanan Ikan Guppy

Apa itu Microworm? Microworm merupakan sejenis cacing renik yang memiliki ukuran sangat kecil, yang hanya memiliki panjang berkisar antara 1 sampai 8 mm saja dan memiliki warna putih pekat. Cacing jenis ini sangat cocok untuk pakan burayak atau anakan ikan guppy.

Tentu saja karena kandungan protein yang tinggi, serta kandungan lainnya, seperti Asam organik, gilicogen, lipids, serta kandungan air yang cukup, tentu dengan kendungan yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang sang ikan supaya lebih cepat besar.

Cacing Sutra


Gambar Cacing Sutra

Bagi para pencinta ikan hias terutama para pembudidaya ikan hias pastinya sudah sangat familiar dengan cacing sutra.

Ya, salah satu jenis cacing ini memang menjadi makanan yang sehat dan alami untuk berbagai jenis ikan hias, termasuk ikan hias guppy. Namun untuk mendapatkannya, banyak orang yang kesusahan atau juga merasa geli dan jijik.

Jika memang begitu, Anda bisa memilih cara yang mudah namun berbayar yaitu membelinya dari peternak cacing sutra.

Keunggulan dari cacing sutra untuk makanan ikan guppy hias adalah kandungan protein dan juga lemaknya yang tinggi.

Keduanya, sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan juga sangat berpengaruh pada cepat tidaknya ikan ini tumbuh besar.

Baca Juga : Cara Budidaya Cacing Sutra

Artemia


Gambar Artemia

Salah satu makanan favorit ikan guppy adalah artemia, salah satu jenis makanan yang sangat terkenal dan dikenal sangat baik untuk perkembangan ikan hias cantik ini supaya cepat besar.

Namun jika dilihat dari segi ekonomis, makanan ikan hias yang satu ini tergolong cukup mahal, serta proses pembuatannya yang cukup memakan waktu lama.

Cacing Halus


Gambar Cacing Halus

Tidak hanya cacing sutra, ada lagi cacing jenis lainnya yang juga sangat disukai ikan hias cantik ini yaitu cacing halus. Hewan yang kerap disebut juga dengan naman microworms ini hampir sama dengan cacing sutra yang dijelaskan tadi. Namun untuk ukuran dan bentuk cacing halus adalah lebih halus dan juga lebih pas untuk ikan guppy yang masih kecil.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Guppy

Makanan lainnya


Gambar Makanan yang Bagus untuk Ikan Guppy

Selain makanan yang telah disebutkan tadi, cara mempercepat pertumbuhan ikan guppy ternyata ada pula makanan lainnya yang juga bisa membuat ikan yang cantik ini menjadi lebih cepat besar. Makanan yang dimaksud adalah roti tawar, bagian kuning dari telur rebus, pelet pabrikan dan juga sejumlah merk makanan ikan guppy.

Daftar Pakan Ikan Guppy Pabrikan 


Ocean Free Super Guppy


Ocean Free Super Guppy

Salah satu pakan ikan guppy yang sangat baik untuk tumbuh kembang ikan hias guppy adalah Ocean Free Super Guppy, mungkin nama pakan ikan ini kurang familiar bagi sebagian kalangan.

Hal ini dikarenakan harga dari pelet ikan ini yang bisa dibilang cukup mahal, hanya sebagian pecinta ikan hias kalangan atas yang memakai produk ini untuk ikan hias mereka.

Ya pakan ikan hias ini sangat berkualitas dan sangat berguna untuk membantu proses pertumbuhan dan membantu mempercantik warna ikan guppy.

Super Colour Guppy


Super Colour Guppy

Pakan ikan Guppy yang satu ini sangat cocok bagi Anda pecinta ikan hias yang ingin mempercantik penampilan dan warna ikan hias guppy milik Anda.

Namun tak hanya itu saja Pakan ikan hias yang satu ini juga berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh ikan supaya tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Pakan ini masih satu produk dengan pelet Ocean Free Super Guppy, jadi dari segi kualitas pakan, sudah tidak diragukan lagi, pasti akan sangat bagus untuk tumbuh kembang guppy Anda di rumah.

Pelet Hikari Fancy Guppy


Pelet Hikari Fancy Guppy

Dari nama produknya saja sudah kelihatan kalau pakan ikan hias ini memang ditujukan untuk kan guppy. Sudah pasti pakan ikan ini akan sangat bagus untuk ikan hias guppy.

Pakan ikan ini sangat cocok untuk burayak guppy, karena kandungan vitamin dan juga berbagai kandungan lainnya akan sangat membantu tumbuh kembang anak ikan guppy supaya sehat dan bisa lebh cepat besar.

Baca Juga : Cara Mengatasi Ikan Guppy sedang Sakit

Tips Memberi Makan Anak Ikan Guppy yang baru lahir (Burayak)


Pertama, Pastikan anak ikan Guppy dipisah dari induknya setelah dilahirkan.

Kemudian Tempatkan Ikan yang baru saja dilahirkan pada tempat yang sesuai, usahakan tempat tersebut terkena paparan sinar matahari secara tidak langsung, Anda bisa meletakkannya pada akuarium, maupun bak.

Dan jangan lupa untuk melengkapi akuarium tersebut dengan aerator. Namun dengan catatan jangan gunakan aerator yang besar, karena hal ini bisa menyedot bibit guppy dan menyebabkan kematian.

Bayi Guppy masih sangat rentan terhadap perubahan suhu air dan lingkungannya, Anda harus memperhatikan suhu dan pH air pada akuarium tersebut.

Setidaknya Anda perlu mengganti air akuarium selama 2x sehari, sebanyak sepertiga volume air, hal ini untuk menjaga kadar air supaya tidak mengganggu proses pertumbuhan burayak ikan guppy.

Setiap pertumbuhan anak ikan akan sangat membutuhkan nutrisi dan juga jenis makanan yang berbeda. Pada usia 1 hari setelah kelahiran, pastikan untuk tidak memberi bayi ini pakan.

Karena pada usia sampai 5 hari, sebetulnya anakan ikan ini masih memiliki yellow egg sebagai cadangan makanan.

Akan tetapi untuk usia 5 hari lebih Anda bisa memberikan jenis makanan seperti kuning telur rebus yang dihaluskan atau bisa juga kutu air yang disaring. Jenis makanan ini akan bisa dikonsumsi untuk ikan guppy pada usia tersebut.

Sedangkan memasuki pertumbuhan sekitar 3 cm, Anda bisa memberikan cacing sutra sebagai makananya.

Lakukanlah pemberian makanan 2 kali dalam satu hari. Setelah ikan mencapai 5cm hingga 7cm, Anda bisa mulai memberikan cacing kering ataupun agar-agar.

Penutup


Mana yang lebih baik? Sangat disarankan untuk memilih makanan alami saja dibandingkan makanan lainnya yang disebut di sini.

Hal ini untuk menghindari kolam atau akuarium menjadi kotor atau keruh yang bisa membuat ikan ini justru menjadi stres dan akhirnya mati.

Sebenarnya, ikan guppy tidak memerlukan makanan khusus untuk pertumbuhan ikan yang cepat dan sehat.

Siapapun pasti menginginka memelihara atau membudidayakan ikan guppy bisa mencari indukan ikan guppy yang berkualitas dan juga memberikanan makanan yang bergizi.

Dan karena kebanyakan orang yang tidak tahu, maka kini makanan ikan hias pabrikan yang menjanjikan tumbuh besar dengan cepat.

Makanan pabrikan memang tidak ada salahnya. Asalkan frekuensi pemberian makanan menggunakan makanan buatan janganlah terlalu sering dan juga kebersihan dari akuarium atau kolam makanan ikan guppy tersebut.


Baca Juga : Ikan Guppy Cobra

Namun begitu, banyak juga ulasan dari masyarakat luas yang memang lebih merekomendasikan memberikan makan ikan hias dengan makanan alami.

Selain lebih sehat dan berkualitas, makanan alami tentunya tidak memerlukan banyak biaya dan bahkan bisa saja didapatkan secara cuma-cuma.

Itulah tadi daftar makanan untuk ikan guppy agar cepat besar yang perlu anda ketahui. Makanan yang tepat sangatlah penting untuk memastikan tumbuh kembang ikan hias.

Jika anda bisa memerbikan makanan yang sehat dan secara teratur sudah dapat dipastikan anda akan berhasil memelihara ikan tersebut.

Berlangganan Update Artikel Tentang Ikan Hias via email:

Belum ada Komentar untuk "Inilah Daftar Makanan Ikan Guppy Supaya Cepat Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel