Perbedaan Ikan Guppy Jantan dan Betina

Konten [Tampil]

Membedakan ikan guppy terbaru

Bagi Anda yang memang hobi memelihara ikan hias tentunya kenal betul dengan ikan guppy. Ya, ikan ini memang sangat terkenal di dunia tak terkecuali di Indonesia. Sebelum membahas mengenai Ciri ciri ikan guppy jantan dan betina, ada baiknya jika Anda mengenal ikan hias ini terlebih dahulu. Ikan yang memiliki nama latin Poecilia reticulata ini adalah ikan hias tawar yang sangat disukai oleh banyak orang. Di Indonesia, ikan hias ini sebenarnya adalah ikan liar biasa hidup di selokan atau parit-parit.

Hal ini dikarenakan kemampuannya yang dapat beradaptasi dengan lingkungan. Di dunia perdagangan ikan hias, ikan cantik ini populer dengan istilah millionfish. Harganya juga cukup mahal, tergantung dari jenis-jenisnya. Ciri-ciri ikan hias guppy adalah hidupnya yang selalu bergerombol.

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Guppy Terbaru

Jadi wajar saja jika ikan ini dikenal dengan sebutan millionfish (ikan jutaan) karena hidupnya selalu berkelompok. Guppy sebenarnya adalah ikan yang aslinya berasal dari Amerika Tengah juga Selatan.

Ikan mungil ini dibawa oleh masyarakat Amerika Selatan dan Tengah melalui jalur perdagangan. Kemudian hidup liar pada perairan bebas. Sementara di Indonesia, ikan hias cantik ini masuk sebagai ikan hias akuarium sejak tahun 1920-an. Lalu lepas ke perairan bebas dengan harapan bisa menghancurkan larva nyamuk malaria yang tersebar di alam. Namun kenyataannya cara ini tidak berhasil. Masing-masing indukan ikan guppy bisa menghasilkan benih sekitar 80 sampai 100 ekor per periodenya.

Meskipun demikian, cukup banyak benih yang gagal hidup. Karena pada dasarnya, anakan ikan guppy cukup rentan dengan suhu air yang berubah-ubah. Jika dilihat dari habitat aslinya di alam, guppy dapat hidup dan berkembang biak di perairan tawar. Meskipun demikian, ada pula ikan guppy yang bisa hidup di air payau.

Ikan ini terdiri dari banyak jenis karena berasal dari perkawinan silang. Dimana terdapat mutasi genetik yang membuatnya memiliki jenis yang bervariasi. Tidak hanya bentuk dan warnanya saja yang menarik, tapi ekor guppy pun turut mengambil perhatian para pecinta hias.

Sekedar informasi, ikan guppy seringkali dibedakan berdasarkan bentuk ekornya. Ekor pendek dikenal dengan sebutan short tail, ekor lebar yakni wide tail dan ekor panjang yaitu sword tail.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Guppy di Rumah

Perlu diketahui bahwa ikan guppy yang dimasukkan ke dalam akuarium panjangnya bisa mencapai 60 mm. Menariknya, di alam justru ikan ini hanya tumbuh dengan panjang hanya berkisar 35 mm. Karena kemampuannya yang mudah beradaptasi dan cepat bertelur, ikan guppi dengan mudah dapat dijumpai di hampir semua parit dan kolam di Jawa Barat pada tahun 1929. Kini, ikan hias guppy sudah merambah ke banyak penjuru Indonesia khususnya Bali dan Jawa.

Ikan yang memiliki bentuk super menarik ini terkenal dengan warnanya yang sangat bervariasi dan beragam. Ikan hias guppy adalah ikan yang sebenarnya memiliki ukuran relatif paling kecil daripada jenis ikan hias lainnya. Ikan jantan biasanya memiliki ukuran mencapai 2 sampai dengan 3 cm.

Sementara guppy betina lebih panjang lagi yakni 4 sampai dengan 6 cm. Untuk Anda yang masih pemula di dunia ikan hias, mungkin akan sulit membedakan mana guppy jantan dengan betina. Namun sebenarnya bisa dibedakan dengan mudah melalui sirip dan warnanya.

Untuk mengetahuinya sangatlah penting, terutama bagi Anda yang berencana untuk memulai bisnis ikan hias ini. Karena seperti yang diketahui, ikan hias ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi di pasaran. Membedakan kelamin ikan hias dapat membantu Anda untuk memulai pengembangbiakkannya.

Baca Juga : Inilah Jenis Jenis Ikan Guppy yang Harus Kamu Tahu

Cara Membedakan ikan Guppy Jantan


Gambar perbedaan ikan guppy jantan

Guppy jantan memiliki ciri-ciri yang sangat mudah dilihat. Berikut ini adalah beberapa ciri guppy jantan yang bisa diketahui hanya dari bentuk dan warnanya.



  • Perbedaan Ikan guppy jantan memiliki tubuh yang ramping sehingga terlihat lebih lincah dibandingkan dengan betina.
  • Kepala ikan ini lebih besar daripada kepala betina.
  • Warna sisiknya lebih cerah dibandingkan dengan yang betina. guppy jantan memang terkenal dengan warnanya yang sangat indah. Bahkan warna inilah yang mengantarkan ikan ini menang dalam kontes perlombaan ikan hias.
  • Guppy jantan memiliki gonopodium yakni benjolan yang terletak di bagian belakan sirip perut. Jika dilihat secara seksama sebenarnya tonjolan ini lebih mirip dengan sirip anal tapi kemudian berubah menjadi sebuah sirip memanjang.
  • Sirip punggung ikan jantan lebih panjang daripada guppy betina.


Baca Juga : Daftar Ikan Hias Kecil yang Suka Bergerombol

Cara Membedakan Ikan guppy Betina

Cara Membedakan ikan guppy betina

Berbeda dengan guppy jantan, guppy betina memiliki ciri-ciri yang lebih unik. Di bawah ini adalah ciri-ciri ikan guppy betina yang harus Anda ketahui.


  • Guppy betina memiliki tubuh yang lebih gemuk daripada yang jantan
  • Belakang siripnya tidak terlihat gonopodium. Dimana hanya ada sirip halus yang cantik
  • Sirip punggung guppy betina terlihat biasa
  • Warnanya juga tidak begitu cerah jika dibandingkan dengan guppy jantan
  • Kepala guppy betina terlihat agak runcing dan lebih kecil jika dibandingkan dengan guppy jantan
  • Tak hanya gemuk, ikan betina juga memiliki pola khusus pada sisiknya yang berwarna kucing kecoklatan. Polanya terlihat seperti jala dengan warna coklat atau putih.
  • Guppy betina terlihat tidak menarik karena memang warnanya yang cenderung kusam.
  • Ekornya juga tidak lebar layaknya ikan hias guppy jantan. Padahal sebagai ikan hias, daya tarik ini ada pada ekornya yang lebar serta corak tubuhnya yang berwarna dan bervariasi.
  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah memilah milih indukan guppy yang bagus kualitasnya. Hal ini sangat penting agar Anda bisa mendapatkan banyak anakan guppy yang sehat dan bagus bentuk dan warnanya. Dengan begitu, anakan ikan guppy bisa dijual dengan harga yang mahal.
  • Agar proses perkembangbiakkan ini berhasil, lakukan pemijahan pada wadah yang ukurannya sesuai dengan standar. Sekedar informasi, standar minimal terpal, ember, akuarium ataupun kolam semen yang bagus untuk proses pemijahan ikan guppy adalah 30x30cm. Pastikan jika wadah yang dipilih memiliki suhu atau temperatur yang stabil. Jangan sampai suhunya berubah-ubah karena hal tersebut dapat membuat anakan ikan guppy menjadi lebih rentan mati.
  • Agar perkembangbiakkan ikan guppy lebih cepat, ada baiknya jika Anda melakukan perkawinan massal. Dengan jumlah betina yang lebih banyak dibandingkan dengan guppy jantan.
  • Setelah mempertemukan ikan jantan dan betina, Anda biarkan ikan-ikan tersebut melakukan perkawinan secara alami selama satu sampai dengan dua minggu. Setelah masa perkawinan tersebut, segera pisahkan antara guppy betina yang sudah hamil dengan indukan jantan. Mungkin Anda bertanya-tanya, berapa lama ikan guppy akan hamil? Ikan guppy hamil selama 25 sampi dengan 30 hari.
  • Setelah mengetahui cara agar ikan guppy cepat hamil, selanjutnya pahami tanda tanda ikan guppy hamil seperti apa.
  • Jika dilihat dari perbandingan yang disebutkan di atas, tentunya kini Anda sudah memahami apa saja perbedaan jenis kelamin antara guppy betina dengan yang jantan bukan? Setelah memahami perbedaan jenis kelaminnya, Anda harus tahu bahwa ikan ini memiliki banyak jenis berdasarkan corak atau pola sisik, warna serta habitatnya.

Baca Juga : Daftar Ikan Guppy Termahal Paling Populer

Beberapa jenis ikan guppy yang begitu populer adalah jenis japan blue, cobra,  Mozaic, Metalik, Tuxedo, jenis Pink White, dan lain sebagainya. Biasanya, pecinta hias akan memelihara ikan guppy dalam akuariumnya di rumah. Bahkan banyak orang berpendapat bahwa melihat ikan hias ini dapat memberikan rasa nyaman dan ketenangan.

Jadi tidak mengherankan jika tak sedikit ikan hias yang sengaja mengoleksi ikan hias cantik ini sampai dengan saat ini. Nama ikan hias ini sebenarnya diambil dari penemunya yaitu Robert John Lechmere Guppy. Ukuran tubuhnya yang mungil tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para penghobi ikan hias. Keragaman warna dan bentuk ikan hias guppy sangatlah indah.

Banyak yang percaya bahwa ikan ini mampu mengurangi stress para kolektor ikan hias sehingga banyak diminati. Mengingat bahwa warna ikan guppy jantan lebih indah dan menarik, tak heran jika di pasaran harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang betina. Harganya cukup signifikan karena memang guppy jantan jauh terlihat lebih menawan.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Ikan Guppy Jantan dan Betina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel