Mengenal Ikan Komet dan Bagaimana Cara Merawatnya

Konten [Tampil]

Ikan Mas Komet atau yang biasa disebut dengan nama Ikan Komet merupakan ikan yang memiliki bentuk ekor yang menjutntai dan menawan.

Ikan ini merupakan ikan yang cukup agresif dan dapat dipelihara dengan sangat mudah, kemampuannya yang dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya membuat ikan ini bisa hidup di berbagai lingkungan.

Ikan yang memiliki nama ilmiah Carassius Aurutus ini menjadi incaran para pecinta ikan hias yang masih pemula, akrena kecantikannya dan perawatannya yang sangat mudah dan ikan tidak mudah mati.

Sejarah Ikan Komet


Gambar Ikan Komet

Menurut sejarah yang beredar di masyarakat, teredapat dua pendapat sejarah yang berbeda yaitu :

Sejarah Pertama : 

Ikan Komet pertama kali dibudidayakan di negeri china pada tahun 1729. Asal mulanya ikan ini memiliki bentuk fisik yang sangat mirip dengan ikan mas koki. Hal ini karena jenis ikan komet merupakan ikan yang masih satu keluarga dengan ikan koki, yaitu Cyprinidae.

Pada tahun 1368 hingga 1644, tepatnya pada zaman dinasti Ming kepopuleran ikan mas komet meningkat secara drastis. Bahkan saking populernya ikan ini, bisa menyebar ke Jepang.

Sejarah Keuda :

Pada sejarah yang kedua ini mengatakan bahwa ikan komet pertama dikembangkan di Amerika sekitar akhir abad ke 19. Pemberian nama komet meruapakan simbol yang diambil dari sebuah benda di luar angkasa, yang dimaksud ialah Komet Halley.

Di luar perbedaan sejarah tersebut, saat ini ikan komet sudah berkembang di seluruh dunia dan termasuk indonesia. Di indonesia ikan ini sangat banyak diminati.

Hal ini karena harganya yang murah, dan bahkan lebih mudah daripada ikan koko. Namun untuk masalah keindahan ikan ini tidak kalah bagusnya, bahkan ikan mas komet lebih tahan akan penyakit daripada ikan mas koki.

Karakteristik Ikan Komet


Karakteristik Ikan Komet

Ikan Komet merupakan ikan yang agresif dan cukup cepat pertumbuhannya, selain itu perawatannya juga tidak sesulit ikan hias lain yang memerlukan perawatan khusus.

Dalam urusan makanan ikan hias air tawar yang satu ini tidak pilh pilihan, atau bisa disebut dengan istilah ikan omnivora, yang memakan apa saja yang bisa dimakan yang ada di dalam akuarium.

Cara Memelihara dan Merawat Ikan Komet di Akuarium


Cara Merawat Ikan Komet di Akuarium

Siapkan Akuarium


Akuarium yang digunakan menyesuaikan dengan jumlah ikan dan ukuran ikan yang akan dimasukkan. Saya contohkan misalkan ukuran akuarium 30 x 20 x 20 cm, bisa dimasukan 4 - 6 ekor ikan komet kecil.

Kamu bisa menyesuaikan sendiri, apabila ingin ditambahkan berbagai hiasan / tanaman plasti, sebaiknya kurangi lagi jumlah ikan yang dimasukan ke dalamnya.

Baca Juga : Cara Merawat Akuarium agar Tetap Bersih

Masukan Air 


Selanjutnya yang tak kalah penting dalam memelihara ikan komet adalah dengen memperhatikan kualitas air yang akan digunakan untuk ikan.

Karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap peretumbuhan ikan. Masukan air ke dalam akuarium, sebaiknya, masukan air 3/4 dari ukuran akuarium dan endapkan air selama 1 hari, sebelum ikan kamu masukan ke dalamnya.

Masukan Ikan


Setelah akuarium dan air dipersiapkan dan diendapkan seharian penuh. Sekarang saatnya memasukan ikan ke dalamnya, masukan ikan pelan pelan 1 per 1 jangan memasukan ikan secara bersamaan.

Hal ini dapat membuat ikan menjadi stress, masukan perlahan pada permukaan air dan jangan diceburkan. Lakukan dengan menggunakan baskom atau plastik jika kamu baru membelinya.

Pemberian Makan


Hal yang harus diperhatikan agar ikan bisa hidup sehat dan tumbuh lebih cepat adalah dari makanannya. Ikan komet termasuk ikan yang rakus, ikan ini bisa memakan pakan dalam jumlah banyak.

Karena hal inilah yang membuat ikan hias yang satu ini cepat pertumbuhannya. Sebaiknya berikan makanan 2 x sehari, berikan secara bertahap dan jangan berlebihan, supaya akuarium tidak cepat kotor.

Jaga Keberesihan Air Akuarium


Air yang kotor dan keruh merupakan awal penyebab munculnya bermacam penyakit yang bisa menyeran ikan komet, untuk itu menjaga air tetap beresih adalah hal yang wajib jika menginginkan ikan tetap hidup sehat.

Selain itu air yang kotor dan keruh tentunya akan sangat mengganggu pemandangan akuarium yang dijadikan sebagai hiasan di rumah.

Untuk menjaga kebersihan akuarium, sebaiknya kamu harus menggunakan filter aquarium yang mampu menyaring kotoran akuarium dengan baik. Jika ingin membelinya, sebaiknya kamu mengetahui Harga Filter Akuarium terlebih dahulu.

Penggantian Air


Meskipun ikan komet bisa hidup dalam kondisi air yang kotor namun sebaiknya ganti secara rutin saat air akuarium mulai menguning, karena sangat mengganggu untuk dilihat dan bisa menimbulkan berbagai reskio serangan penyakit.

Sebaiknya lakukan penggantian air selama 2 - 3 minggu sekali, namun jangan ganti semua air, cukup setengahnya saja. Cara ini untuk mengurangi resiko ikan stress. Dan untuk pembersihan akuarium secara total, sebaiknya lakukan 3 bulan sekali.

Baca Juga : Inilah Daftar Ikan Hias Kecil yang Tidak Mudah Mati

Cara Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina


Gambar Ikan Komet Jantan dan Betina

Melalui Tubuh Ikan


Untuk membedakan ikan komet yang peretama adalah dari ukuran tubuh ikan. Pada umumnya ikan komet jantan memiliki bentuk tubuh yang ramping atau lebih kurus, sedangkan ikan betina gemuk dan agak bulat.

Melalui Sirip Ikan


Perebedaan sirip ikan komet jantan dan betina adalah pada sirip komet jantan terdapat benjolan atau bintik bintik kecil yang apabila diraba akan terasa kasar. Dan sedangkan pada ikan komet betina tidak memiliki benjolan bintik bintik dan terasa halus jika diraba.

Melalui Ekor Komet


Cara membedakan jenis kelamin ikan komet yang selanjutnya adalah melalui ekornya, ukuran ekor ikan jantan lebih panjang dan menjuntai, sedangkan ikan betina ekornya pendek dan agak melengkung membentuk bulatan.

Makanan Ikan Komet


Makanan Ikan Komet

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bawha ikan komet merupakan ikan omnivora yang akan memakan apa saja yang diberikan ke dalam akuarium.

Ikan komet lebih menyukai pakan alami ketimbang pelet, namun karena memelihara ikan ini di dalam akuarium, sebaiknya berikan pakan alami hanya sebagai selingan saja.

Baca Juga : Jenis Jenis Ikan Hias yang Tidak Galak

Makanan alami yang bagus untuk ikan komet adalah Cacing, serangga, jentik nyamuk, udang kecil, cacing darah, lalat dan lainnya.

Demikian Artikel tentang ikan komet yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kamu para pecinta ikan hias.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Ikan Komet dan Bagaimana Cara Merawatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel