Apa Penyebab Ikan Cepat Mati di Akuarium? Baca Yuk!

Konten [Tampil]

Siapa sih yang merasa tenang jika melihat ikan bergerak ke sana ke mari saat berada di akuarium? Tentu untuk mereka yang menyukai ikan, atau mungkin Anda juga tertarik akan ikan hias di akuarium.

Apa Penyebab Ikan Cepat Mati di Akuarium?

Sehingga, merasa seperti ada hiburan dari tingkah laku ikan hias tersebut. Apalagi jika seharian bekerja kemudian menatap aktivitas ikan. Tentu akan ada semangat yang didapatkan sebagai pengobat rasa lelah dan stress, itu yang tidak lain bersumber dari ikan di akuarium.

Namun, untuk merawat ikan di akuarium tentu memerlukan perawatan khusus. Supaya ikan tetap nyaman berenang dan tidak cepat mati. Penyebab ikan cepat mati di akuarium itu bisa ditimbulkan dari berbagai macam.

Ada yang karena perawatan ikannya tidak baik, ukuran akuarium tidak seharusnya dihuni dengan ikan berukuran besar dan semacamnya. Sehingga ekosistem ikan di akuarium harus tetap terjaga, supaya enak dilihat dan ikan bebas untuk melangsungkan hidup mereka.

So, berikut ini adalah daftar penyebab ikan cepat mati di akuarium yang wajib Anda ketahui. Baca dengan cermat ya Pemirsa, supaya ikan yang dipelihara bisa bertahan hidup dan tetap menjadi hiburan Anda maupun keluarga.

Terlebih, jika dapat dijadikan sebagai ladang bisnis. Di antara penyebab tersebut, adalah sebagai berikut:

1. Ukuran Akuarium Tidak Sesuai


Untuk penyebab ikan cepat mati di akuarium berasal dari ukuran akuarium yang tidak sesuai. Yang mana, harusnya ikan kecil tetap bisa berenang bebas walau dengan akuarium sedang.

Namun jika ikan hiasnya bisa tumbuh semakin besar, bukan lagi ikan kecil, sebaiknya dipindah ke akuarium dengan ukuran yang lebih besar. Mengingat bisa berdampak pada ikan kecil lainnya, ikan tersebut juga bisa cepat mati karena kurang bebas bergerak.

2. Pemilihan Ikan yang Tidak Sejenis Sifatnya


Ada beragam ikan hias dengan sifat yang mendasarinya. Ada yang pendiam, galak, hingga super galak. Penting untuk memisah antara ikan bersifat tenang dengan ikan yang suka membuat keributan.

Karena hal itu dapat membuat ikan lain menjadi bahan makanan ikan galak tersebut. Sehingga, ikan hias kecil tidak mampu bertahan hidup.

Tidak hanya itu, apabila ada dua jenis ikan yang memiliki sifat berbeda sebaiknya Anda segera memisahkan tempat akuariumnya. Supaya ikan tidak cepat mati karena stress.

3. Tidak Dipisah Antara Ikan Sehat dan Sakit


Seperti halnya manusia, jika ada ikan yang memiliki tanda-tanda tidak sehat atau terserang penyakit maupun jamur tertentu sebaiknya Anda segera pisahkan.

Yakni, antara tempat akuarium ikan yang sakit dengan ikan sehat. Supaya tidak menyebar ke ikan lain atau cepat mati, karena tertular penyakitnya. So, jangan sampai disatukan ya Pemirsa!

Baca Juga : Cara Merawat Akuarium Agar Tetap Bersih

4. Arus Air Tidak Diatur Secara Baik


Akuarium yang tidak diatur arus airnya sesuai dengan habitat asli ikan hias tersebut berdampak pada terganggunya sistem pernapasan ikan, peredaran darah, hingga sistem ekskresi pada ikan. Akhirnya, dapat berujung pada ikan hias akan cepat mati.

5. Tidak Menggunakan Air Bersih dan Dibersihkan Secara Berkala


Air menjadi komponen paling utama bagi ikan, menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Apabila kondisi air sudah keruh, sebaiknya segera ganti airnya dengan yang bersih. Supaya ikan tetap bisa melangsungkan hidupnya.

6. Lupa Memberikan Pakan atau Tidak Memberi Pakan Secara Teratur


Jika Anda tidak ingin ikan mati, jangan lupa untuk memberikan ikan pakan secara teratur sesuai komposisi yang dibutuhkan ikan tersebut. Hal ini dilakukan supaya ikan tidak kelaparan dan membuatnya mati, serta air di akuarium tidak keruh.

Baca Juga : Harga Filter Aquarium Terbaru

7. Kedalaman Air Tidak Diatur Berdasarkan Jenis Ikan


Tiap ikan hias memiliki kedalaman air yang berbeda. Ada yang atas, tengah, hingga bawah. Sehingga, sangat perlu untuk menyelaraskan tingkat kedalaman air berdasarkan jenis ikan tersebut. Supaya mereka tetap bebas berenang.

Demikianlah artikel kami yang membahas tentang penyebab ikan cepat mati di akuarium. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Menjadi informasi yang menjawab kebutuhan Anda, sebelum memelihara ikan hias di rumah atau tempat kerja.

Supaya ikan yang dibudidayakan terhindar dari penyebab kematian ikan hias. Oke, sekian dari kami dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Apa Penyebab Ikan Cepat Mati di Akuarium? Baca Yuk!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel