Cara Budidaya Ikan Cupang [Untuk Pemula]

Konten [Tampil]

Cara budidaya ikan cupang untuk pemula, merupakan informasi yang penting untuk anda pahami manakala ingin melakukan ternak ikan cupang.

Cara Budidaya Ikan Cupang [Untuk Pemula]


Budidaya ikan merupakan kegiatan yang menyenangkan, apalagi bagi mereka yang suka dengan binatang satu ini.

Ikan cupang merupakan jenis ikan yang mudah dalam perawatannya. Selain itu bentuknya yang menarik membuat semua orang jatuh hati.

Berikut ini adalah tips-tips mengenai ternak ikan cupang untuk pemula. Sebelum mulai membudidayakannya kenalilah jenis ikannya

Sebelum melakukan proses pembudidayaan, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis spesies ikan cupang. Anda bisa mencobanya dengan memulai budidaya cupang jenis laga.

Banyak yang melakukan aktivitas ini hanya untuk hobi belaka namun ada juga yang benar-benar serius dijual.

Cara Budidaya Ikan Cupang dengan Mudah


Budidaya Ikan Cupang


Ikan cupang laga merupakan ikan cupang yang banyak dibudidayakan. Selain itu harga ikan cupang hias yang cukup tinggi juga membuat ikan ini banyak yang tertarik untuk membudidayakannya.

Terdapat kurang lebih 70 jenis ikan cupang sehingga anda yang akan mencoba terjun ke dunia budidaya ikan hias cupang perlu untuk mengenalnya terlebih dahulu.

Memilih Bibit Ikan Cupang Kualitas Baik


Agar bisa mendapatkan bibit dengan kualitas bagus maka anda memerlukan pengamatan yang cermati. Ketika anda membeli bibitnya perhatikan apakah bibitnya berkualitas ataukah sebaliknya. Anda bisa memperhatikan beberapa bagian ikan guna mendapatkan bibit kualitas baik.

Lihatlah bagian sirip ekor, dubur serta perut adakah yang cacat atau tidak, hindarilah ikan yang memiliki luka pada bagian sisiknya.

Cek tingkat agresif indukan jantan dengan cara mendekatkan jari tangan anda. Lihatlah bagian matanya adakah yang bermasalah atau tidak. Kondisi ikan haruslah bugar dan bebas dari segala bentuk penyakit.

Baca Juga : Beginilah Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Membedakan Ikan Cupang Jantan dengan Betina


Jenis ikan jantan atau betina sangatlah mudah dibedakan. Anda para pecinta ikan tentu bisa membedakannya dalam kurun waktu yang cukup singkat.

Ikan cupang jantan biasanya memiliki gerakan yang lincah serta indah. Disisi lain ikan cupang jenis betina gerakannya sedikit lambat serta lusuh. Ikan jantan memiliki sirip ekor besar serta lebar.

Sedangkan cupang betina memiliki sirip yang lebih kecil. Bagian perut cupang jantan ukurannya langsing sedangkan pada cupang betina memiliki perut yang lebih berisi.

Menyiapkan Tempat danTumbuhan Pendukung


Tips cara mudah membudidaya ikan cupang untuk pemula selanjutnya adalah menyiapkan wadah. Untuk melakukan budidaya cupang diperlukan wadah berupa akuarium yang memiliki ukuran paling kecil 30 x 30cm.

Setelah itu wadah tersebut anda masukan beberapa tumbuhan pendukung. Anda bisa menggunakan tumbuhan kapu-kapu. Namun ketika tidak ada maka anda bisa menggantinya dengan eceng gondok.

Saran dari saya lebih baik menggunakan tumbuhan kapu-kapu dikarenakan habitat alami ikan cupang sering ada pada tumbuhan ini.

Disisi lain akar tumbuhan paku-paku nampak pas untuk menyokong gelembung air sebagai tempat telur ikan.

Melakukan Perkenalan dan Perkawinan Ikan Cupang



  • Masukkan ikan jantan dalam wadah. Masukkan ikan jantan kedalam wadah selama 1 hari. Hal ini untuk membuat ikan terbiasa dengan lingkungan baru.
    Berilah makan agar ikan tetap sehat serta beri makan juga ikan betina. Hal ini dikarenakan saat proses pemijahan cupang tidak akan memakan sesuatu apapun.

  • Kenalkan ikan jantan dengan ikan betina. Sebelum ikan betina dimasukkan ke dalam wajah, silahkan pisahkan kedua ikan dalam wadah kaca.
    Hal ini dilakukan agar ikan bisa saling mengenal satu sama lain. Ikan jantan siap kawin ditandai dengan adanya buih-buih yang keluar. Ketika buih berjumlah cukup banyak maka ikan betina sudah bisa dimasukkan dalam wadah.

  • Proses perkawinan ikan cupang Cara mudah ternak ikan cupang untuk pemula yang terakhir adalah melakukan perkawinan antara ikan jantan dengan betina.
    Saat awal pencampuran maka ikan betina akan dihajar oleh ikan jantan. Cara ini dilakukan dengan tujuan menurunkan ego ikan betina.
    Biarlah hal itu terjadi, biasanya terjadi selama satu harian. Setelah satu hari maka kedua ikan akan terbiasa dan proses pemijahan ini berlangsung. Biasanya terjadi pada pagi hari sekitar pukul 9 pagi.

Baca Juga : Penyakit Ikan Cupang dan Cara Mengobatinya

Demikain lah Proses yang Harus kamu lakukan untuk Membudidaya Ikan Cupang, Selamat Mencoba! Dan Semoga Berhasil.

Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Cupang [Untuk Pemula]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel